Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

8 Tanda Anda Stress

28

doc: optimumliving
doc: optimumliving

Jakartakita.com: Stres bisa datang kapan saja. Stres bisa muncul tanpa kita sadari karena terlalu sibuk dengan berbagai macam masalah dan juga rutinitas. Sampai kita tidak sadar kalau ternyata ada beberapa gangguan fisik ataupun mental yang menghampiri adalah sinyal tubuh bahwa kita sedang mengalami stress.

Apabila stress Anda tidak segera diatasi, bisa-bisa semakin berakibat buruk bagi tubuh Anda bahkan bisa berujung dengan kematian. Berikut adalah 8 sinyal tubuh yang biasanya merupakan pertanda bahwa Anda sedang stress. Kenali 8 tanda yang dilansir oleh Huffington Post berikut agar Anda tidak terlambat dalam menanganinya:

1.      Mimpi Buruk. Pikiran yang tenang bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak, begitupun sebaliknya pikiran yang kacau karena stress bisa membuat kualitas tidur Anda berkurang. Berdasarkan penelitian dari International Association for the Study of Dreams, stress dapat memicu mimpi buruk.

2.      Otot kaku. Rasa kaku dan sakit pada leher Anda bisa jadi terjadi karena posisi yang sama berjam-jam di depan meja komputer, dan juga bisa karena stres. Stres bisa mempengaruhi sistem otot, hasilnya adalah otot yang mengeras, berkontraksi, atau kejang-kejang. Jika Anda mengalami kram semacam ini akibat stres, maka coba ambil 5-10 napas panjang dan berfokuslah pada area yang kaku tersebut atau coba lakukan pijatan ringan pada bagian yang kaku. Kalau perlu konsumsi Neurobion Tablet Putih untuk mengatasi pegal-pegal, kram dan kesemutan.

3.      Mata kedutan terus. Kondisi yang disebut dengan blepharospasm ini bisa pula disebabkan oleh stres. Jika pekerjaan menuntut Anda untuk menatap layar komputer selama berjam-jam, biasakan untuk memandang ke arah lain setiap 20 menit atau sesekali luangkan waktu untuk berjalan sekedar mengambil minum di pantry sebagai upaya relaksasi mata. Jangan gunakan waktu istirahat Anda untuk browsing atau chatting di komputer. Mata juga butuh istirahat.

4.      Masalah gigi. Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh kurang baiknya kebersihan mulut. Namun, stres pun ternyata juga bisa menjadi penyebab, khususnya saat Anda menggemeretakkan gigi pada malam hari. Kebiasaan ini bisa mengikis gigi yang berakhir pada gigi berlubang.

5.      Siklus mens yang berubah. Stress juga bisa mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur siklus menstruasi pada wanita.

6.      Rambut rontok atau ubanan.  Mayo Clinic menjelaskan bahwa stress dapat menyebabkan sel darah putih menyerang folikel rambut sehingga rambut berhenti tumbuh dan berada pada fase ‘hibernasi’.  

7.      Sakit perut. Stres bisa membuat rasa tidak nyaman pada bagian perut dan sistem pencernaan.

8.      Gampang sakit. Hormon saat stress (kortisol) dapat menurunkan imunitas tubuh. Hal ini menjelaskan mengapa saat stress Anda jadi mudah masuk angin dan terkena flu.

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: