Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tips Menghindari ‘Tekor’ Saat Ulang Tahun

54

bdayJakartakita.com: Hari ulang tahun adalah hari istimewa yang membahagiakan bagi sebagian besar orang. Namun perkara jadi lain bila Anda kebetulan berulang-tahun saat tanggal tua. Anda bisa pusing tujuh keliling memikirkan sejumlah uang yang mesti dikeluarkan untuk mentraktir teman-teman kantor Anda. Bisa-bisa Anda jadi ‘tekor’ dan cash flow Anda jadi berantakan lantaran ada semacam peraturan tak tertulis yang mewajibkan Anda untuk mentraktir teman-teman Anda sebagai wujud rasa syukur.

Berikut adalah sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari ‘tekor’ saat ulang tahun:

  1. Hindari bertemu muka. Pura-pura sibuk kesana-kemari adalah alasan yang tepat untuk menghindari teman-teman Anda yang menagih traktiran di hari ulang tahun Anda.
  2. Jurus tembak alasan sok sibuk. Jurus menghindar ini juga cukup ampuh. Kalau ditagih, karena Anda sudah menjanjikan, bilang saja, “Ntar ya. Gue mesti selesain deadline!”. Terus saja gunakan jurus tembak itu, lama-lama teman-teman Anda juga bosan menanyakannya lagi. Atau jawab, ‘lain kali ya’.
  3. Dompet ketinggalan. Alasan klasik ini masih up to date untuk ‘ngeles’ dari kejaran teman-teman Anda.
  4. Terus terang. Kalau memang sedang ‘bokek’, sementara banyak teman minta ditraktir, katakan saja terus terang Anda tak punya uang. Jangan sampai Anda tak mampu berkata tidak, akhirnya malah pinjam sana-sini, nanti Anda sendiri yang pusing membayar utang hanya demi gengsi mau mentraktir teman.
  5. Tersenyum. Kalau Anda sedang malas beralasan. Cukup berikan senyum termanis Anda kepada mereka sebagai jawaban. Biasanya, orang sudah mengerti bahwa Anda menolak dengan halus.
  6. Ganti dengan yang lebih sederhana. Kalau mau tetap mentraktir tapi uang tidak mencukupi, ganti saja dengan yang lebih sederhana. Tak perlu mentraktir mereka di restoran mahal, Anda cukup membawakan makanan ke kantor untuk seru-seruan makan gratis bersama sejawat. Atau malah Anda bisa mengajak beberapa teman dekat di kantor untuk berwisata kuliner di warung pinggir jalan sehabis ‘ngantor’. Sesekali hang out setelah seharian berjibaku dengan pekerjaan kantor tidak ada salahnya. Lelah dan penat pun terbayar lunas dengan bercanda tawa bersama teman-teman. Kalau perlu sediakan Neurobion Tablet Putih untuk mengatasi pegal-pegal, kram dan kesemutan setelah seharian bekerja dan hang out.

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: