Take a fresh look at your lifestyle.

7 Langkah Agar Tidur Anda Berkualitas

0 1,174

Zemanta Related Posts ThumbnailJakartakita.com:  Susah tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang umum terjadi. Namun jika tidak segera diatasi bisa memicu berbagai masalah kesehatan mulai dari depresi, stres, menurunnya daya tahan tubuh, bahkan sampai mengakibatkan kematian.
Berikut adalah 7 langkah yang dikutip dari Mayoclinic agar tidur Anda berkualitas:
1. Disiplin dengan jadwal tidur. Jadwal tidur yang konsisten setiap harinya meskipun di hari libur membuat tubuh Anda terbiasa dengan siklus tidur tersebut. Jika Anda belum juga tertidur setelah 15 menit berbaring saat jadwal tidur Anda, bangun dan cobalah untuk melakukan relaksasi.
2. Perhatikan makanan dan minuman Anda. Jangan pergi tidur dalam keadaan terlalu kenyang atau kelaparan. Jangan minum terlalu banyak sebelum tidur agar Anda tidak perlu terbangun tengah malam untuk buang air kecil. Nikotin, kafein (kopi, teh, cokelat) dan alkohol dapat membuat Anda sulit untuk tidur.
3. Ritual sebelum tidur. Melakukan hal yang sama sebelum tidur membantu tubuh Anda untuk mengenali bedtime. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik lembut dengan lampu yang temaram dapat membuat tubuh Anda menjadi relaks dan cepat terlelap. Sebaliknya menonton tv, mengecek telepon genggam atau tablet sebagai ritual sebelum tidur justru akan membuat tidur Anda terganggu.

4. Buat kamar senyaman mungkin untuk tidur. Kamar yang bersih, harum, kasur empuk, sejuk, hening, ditambah dengan pencahayaan yang temaram dapat membantu Anda tidur lelap.

Related Posts
1 daripada 300

5. Batasi waktu tidur siang. Terlalu banyak tidur di siang hari dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari.

6. Olahraga. Olahraga yang teratur dapat membuat Anda lekas tidur. Namun bila Anda berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur justru akan membuat Anda malah sulit tidur.

7. Kelola stress dengan baik. Hindari memikirkan masalah ruwet, deadline pekerjaan, tagihan, dll sebelum tidur. Sisihkan sedikit waktu sebelum tidur untuk relaksasi agar Anda melupakan sementara segala permasalahan.
Terkadang sulit tidur juga disebabkan akibat terlalu capek. Jika perlu konsumsi vitamin neurotropik Neurobion Tablet Putih untuk mengatasi pegal-pegal, kram, dan kesemutan setelah seharian beraktifitas.
Jika langkah di atas sudah Anda lakukan namun Anda masih mengalami kesulitan tidur. Disarankan agar Anda segera menghubungi dokter sleep clinic. (Risma).

Tinggalkan komen