Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

10 Tips Memilih Sepatu Olahraga

24

doc: dailylife.com.au
doc: dailylife.com.au

Jakartakita.com: Sepintas, memilih sepatu olahraga adalah urusan sepele yang akan selesai bila modelnya sesuai dengan harga dan selera. Namun ternyata salah satu faktor penting dalam berolahraga adalah sepatu. Salah memilih sepatu untuk berolahraga bisa berakibat cedera. Idealnya sepatu olahraga disesuaikan dengan jenis olahraga yang akan Anda lakukan.

Berikut adalah 10 tips memilih sepatu olahraga seperti yang dilansir oleh webmd:

1.         Sesuaikan jenis sepatu dengan aktivitas olahraga. Sepatu untuk jalan biasanya lebih kaku, sepatu untuk lari biasanya lebih fleksibel. Pastikan Anda tahu persis aktivitas olahraga yang akan Anda lakukan sebelum membeli sepatu olahraga. Jika Anda tidak tahu, tanyakan kepada penjaga toko, sepatu mana yang cocok untuk Anda.

2.         Sesuaikan dengan bentuk kaki. Sekalipun memiliki 10 jari kaki dengan dua tumit, namun bentuk telapak kaki yang satu dengan yang lain berbeda-beda. Sepatu teman Anda yang memiliki ukuran sama, belum tentu pas dipakai Anda.

3.         Ukur kaki Anda. Banyak orang beranggapan kaki dewasa tidak akan berubah. Ukur kaki Anda secara berkala. Belum tentu sepatu Anda tahun lalu masih sama nyamannya dengan tahun ini. Bisa saja sebetulnya ukuran kaki Anda tidak benar-benar berubah, mungkin Anda hanya perlu melirik merek lain.

4.         Belanja sepatu di sore hari. Setelah aktivitas biasanya ukuran kaki Anda menjadi jauh lebih besar daripada ukuran kaki Anda di pagi hari.

5.         Bawa kaos kaki sendiri. Saat mencoba sepatu olahraga di toko jangan lupa membawa kaos kaki Anda sendiri untuk memperkirakan apakah kaki Anda nyaman saat mengenakan kaos kaki dan sepatu.

6.         Coba sepatu. Jangan segan untuk mencoba sepatu olahraga, kalau perlu coba sambil berjalan cepat atau berlari untuk mengetahui apakah sepatu Anda nyaman atau tidak.

7.         Pastikan masih sedikit ruang antara jempol kaki Anda dengan ujung sepatu. Ini untuk kenyamanan Anda saat bersepatu. Hal lain yang harus diperhatikan adalah tumit Anda harus pas di sepatu Anda. Sepatu yang longgar/sempit tidak akan nyaman dipakai saat berolahraga.

8.         Perhatikan model sepatu. Sama-sama sepatu lari namun modelnya berbeda. Pastikan Anda tidakmemilih model hanya untuk alasan fashion, tetapi juga kenyamanan.

9.         Ada harga ada kualitas. Sama seperti barang lain, harga  biasanya menggambarkan kualitas suatu barang. Jika Anda menginginkan sepatu olahraga yang benar-benar bagus dan awet, mungkin Anda harus pertimbangkan untuk berinvestasi sedikit mahal dengan membeli merek sepatu olahraga ternama.

10.     Ketahui kapan Anda harus ganti sepatu. Biasanya sepatu harus sudah diganti setelah menempuh jarak 350-400 mil. Namun jika Anda merasa sepatu Anda tidak lagi nyaman, seperti misalkan sol sepatu yang sudah menganga, mungkin Anda harus segera berbelanja sepatu.

Dengan berbekal tips di atas, luangkan waktu Anda untuk memilih sepatu olahraga yang sesuai. Tak hanya sesuai dengan selera dan kantong tetapi juga bentuk kaki dan jenis olahraga yang akan Anda lakukan.  Mungkin Anda butuh energi ekstra untuk berkeliling memilih sepatu olahraga yang tepat.

Jika perlu konsumsi vitamin neurotropik Neurobion Tablet Putih untuk mengatasi pegal-pegal, kram, dan kesemutan setelah seharian beraktifitas plus hunting sepatu olahraga baru. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: