Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

10 Langkah Tetap Bugar dan Bahagia Saat Menstruasi

44

menstruasiJakartakita.com: Bagi sebagian besar wanita, masa menstruasi adalah saat yang berat. Saat hormon berubah drastis, kehilangan darah dapat menyebabkan sejumlah vitamin dan mineral dalam tubuh tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Apakah Anda ingin bermalas-malasan seharian sepanjang menstruasi sambil menikmati segala macam camilan manis demi memenuhi hasrat ‘ngidam’?  Seperti dilansir oleh U by  Kotex, berikut adalah sejumlah tips yang bisa Anda lakukan agar tetap bugar dan bahagia saat menstruasi:  

1. Batasi konsumsi cokelat. Cokelat memang pelipur saat dilanda badmood. Namun tentu saja kandungan gula yang tinggi justru malah memperburuk mood Anda saat menstruasi dan membuat timbangan berat Anda bertambah jika dikonsumsi berlebihan. Ganti cemilan Anda dengan buah-buahan segar, atau low-fat frozen yogurt.

2. Hiburan. Saat emosi naik turun lebih baik menonton film atau membaca buku yang bisa memancing tawa Anda, bukan malah menonton/membaca buku yang semakin memperburuk emosi Anda. Bisa-bisa Anda jadi marah-marah tidak jelas kepada orang sekitar hanya karena efek hiburan yang salah waktu.

3. Jauhi garam. Jauhi camilan gurih dalam kemasan atau minuman soda yang banyak mengandung sodium. Sodium bisa membuat perut Anda semakin kembung.

4. Jalan-jalan. Salah satu cara untuk mengatasi kram adalah jalan-jalan. Anda bisa jalan-jalan sendiri di sekitar komplek rumah atau malah hang out memutari mall.

5. Berdandan yang cantik. Berdandan yang cantik bisa menjadi mood boster Anda melewati hari yang sulit saat menstruasi.  Pakailah pakaian gaya dengan warna-warna ceria lengkap dengan aksesoris yang chic.

6. Olahraga. Peregangan otot saat olahraga dapat mengatasi kram dan sakit perut saat menstruasi. Anda bisa jogging berkeliling komplek, nge-gym atau malah ikut kelas yoga

7. Tarik nafas dalam-dalam. Saat menstruasi, emosi menjadi naik-turun. Saat Anda tiba-tiba terpancing emosi. Jangan lupa untuk menarik nafas dalam-dalam untuk mengurangi amarah

8. Hindari jerawat. Hormon yang naik turun saat menstruasi memicu timbulnya jerawat. Jangan lupa mencuci wajah Anda sebelum tidur. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan D seperti pada; melon, brokoli, susu, bayam, ikan dan telur.  

9. Hang out dengan sahabat. Berbincang dengan sahabat bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan bad mood saat menstruasi.

10. Mandi yang lama. Saat bad mood melanda campur aduk dengan kram dan sakit perut. Paling enak menyegarkan pikiran dengan berlama-lama mandi air dingin untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Pilih sabun atau lulur mandi yang mengandung aromaterapi untuk membuat Anda lebih rileks.

Kalau perlu konsumsi Sangobion Femine untuk mengatasi keluhan saat menstruasi. Karena kombinasi Metafolin, zat besi, vitamin dan mineral yang terdapat dalam Sangobion Femine mampu membantu proses pembentukan sel darah merah yang terbuang saat menstruasi. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: