Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

10 Makanan Sumber Zat Besi Tertinggi

18

healthy-food-docJakartakita.com: Fungsi utama zat besi bagi tubuh adalah untuk mengangkut oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2) serta untuk pembentukan darah.Jumlah zat besi yang diperlukan oleh bervariasi menurut umur, jenis kelamin dan kondisi fisiologis tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, sedangkan kekurangan zat besi kronis dapat menyebabkan gangguan fungsi organ. Begitupun kelebihan zat besi dapat menyebabkan kerusakan organ hati dan jantung. Namun tubuh memiliki kemampuan untuk mengatur asupan zat besi dalam tubuh agar tidak berlebihan.

Berikut adalah 10 makanan yang merupakan sumber zat besi tertinggi, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber:

1.      1. Moluska (kerang, remis, tiram).

2.      2. Ati (ayam, daging babi, kalkun, daging sapi).

3.      3. Labu dan bijinya.

4.   4. Kacang-kacangan (kacang mede, kacang tanah, kacang almond, kemiri)

5.      5. Daging sapi dan daging domba.

6.     6.  Lentil dan

7.      7. Gandum, sereal terfortifikasi.

8.      8. Bayam

9.      9. Cokelat

10.  10. Tofu

Kebutuhan zat besi perhari adalah 18 miligram. Jumlah zat besi yang dikeluarkan tubuh melalui urin, keringat dan feses sekitar 0,5-1,0 miligram perhari. Pada wanita, jumlah zat besi yang dikeluarkan dari tubuh lebih banyak daripada laki-laki yakni dua kali lipat karena adanya menstruasi. Pada masa kehamilan, wanita membutuhkan asupan zat besi yang banyak. 

Bagi Anda wanita hamil atau sedang menstruasi, pastikan Anda memenuhi asupan nutrisi seimbang khususnya asupan zat besi, asam folat dan vitamin B12 yang terdapat pada daging merah, sayuran hijau, kacang-kacangan untuk mengatasi gejala anemia yang membuat Anda menjadi kurang bergairah. Kalau perlu konsumsi Sangobion Kapsul untuk memenuhi kebutuhan zat besi, asam folat dan vit B12 Anda. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: