Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

8 Ide untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

34

MoneySavingTipsJakartakita.com: Kenaikan harga BBM menjadi salah satu pemicu kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok lainnya. Padahal kenaikan harga-harga barang tidak selalu dibarengi dengan kenaikan gaji. Hal ini membuat Anda pusing tujuh keliling mengelola keuangan rumah tangga karena penghasilan Anda yang semula cukup kini terasa kurang. 

Segera hengkang dari perusahaan tempat Anda bekerja ke perusahaan lain yang mampu memberi Anda gaji lebih tentu bukan perkara mudah. Satu-satunya cara adalah Anda harus lebih kreatif mencari penghasilan tambahan yang tidak mengganggu jam kerja Anda dan tentu saja halal.

Berikut adalah 8 ide yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di waktu senggang Anda:

1.      Garage sale. Anda memiliki koleksi barang-barang yang tidak terpakai tetapi masih sangat layak dipakai. Kenapa Anda tidak jual saja barang-barang tersebut untuk mendapatkan dana segar. Anda bisa membuka lapak di garasi Anda sendiri atau titipkan ke orang lain. Sekarang banyak situs online jual beli terpercaya yang dapat Anda jadikan lapak barang-barang dagangan Anda.

2.      Memberi tebengan. Kalau sebelumnya Anda mengendarai mobil sendiri ke kantor. Anda bisa loh memberi tebengan kepada orang yang kebetulan sejalan. Setidaknya Anda bisa berhemat uang bensin dan tol. Kalau Anda belum menemukan teman barengan, Anda bisa bergabung dengan komunitas ‘nebeng’ di wilayah Anda.

3.      Manfaatkan keahlian Anda. Anda punya keahlian design grafis, menulis, dan sebagainya? Anda bisa gunakan keahlian Anda itu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Manfaatkan jaringan pertemanan di sekitar Anda atau Anda bisa bergabung dengan situs online yang mempertemukan perekrut dan freelancer.

4.      Survey online. Anda hanya cukup mendaftar situs survey online, pahami aturan mainnya. Kemudian Anda akan diberikan kuesioner online yang harus Anda jawab dengan jujur. Setiap situs memiliki sistem dan standar pembayaran yang berbeda untuk keikut-sertaan Anda dalam survey.

5.      Bisnis online. Anda bisa manfaatkan fasilitas internet, dan gadget Anda untuk memulai bisnis online. Anda tidak perlu menyetok barang dagangan. Sekarang Ada banyak supplier yang memberikan kemudahan sistem dropship kepada para retailer.

6.      MLM (Multilevel Marketing). Rasanya tidak ada ruginya kalau Anda mencoba peruntungan menjadi member MLM. Banyak bisnis MLM terpercaya yang tidak membutuhkan modal, Anda hanya perlu keluar uang pendaftaran yang jumlahnya sangatlah kecil kemudian Anda bisa mulai berjualan barang-barang yang ditawarkan oleh MLM tersebut. Kalau Anda ikuti sistemnya, bukan tak mungkin Anda menjadi milyarder dengan banyak downline.

7.      Bisnis franchise. Kalau Anda memiliki sedikit uang lebih. Tak ada salahnya Anda mencoba berbisnis. Cari yang bermodal kecil dan sistemnya jelas, jadi bisa Anda jalankan selagi Anda ‘ngantor’. Bisnis franchise bermodal kecil seperti booth makanan dan minuman cukup menjanjikan bila Anda berhasil menemukan tempat yang strategis. Bisnis franchise cocok buat Anda yang masih sibuk bekerja namun mau belajar berbisnis. Karena franchise memiliki sistem yang siap pakai.

8.      Bisnis sungguhan. Jika Anda memiliki modal yang cukup, kesiapan mental untuk berbisnis sungguhan. Anda bisa langsung memulai bisnis impian Anda. Tentunya setelah melalui tahapan perencanaan yang sangat matang. Saat bisnis Anda sudah berjalan stabil, saatnya Anda resign dari tempat kerja Anda dan mulai fokus membesarkan bisnis Anda.

Nah, kini Anda sudah memiliki 8 ide untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sudahkah Anda putuskan ide mana yang paling bisa segera dieksekusi?

Tentu saja awalnya memang terasa sedikit berat. Anda harus bekerja double, bekerja kantoran plus berikhtiar untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kalau perlu sediakan selalu Neurobion Tablet Putih untuk mengatasi pegal-pegal, kram dan kesemutan setelah seharian penuh bekerja. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: