Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Atasi Kantuk Saat Bekerja

46

sleep-on-laptop-in-officeJakartakita.com: Pernahkah Anda tiba-tiba diserang rasa kantuk yang luar biasa saat Anda sedang sibuk bekerja di depan komputer atau malah sedang meeting dengan bos Anda? Jika ya, maka Anda tidak sendiri. Hampir semua orang pernah mengalaminya. Tentu saja Anda tidak boleh membiarkan rasa kantuk mengurangi produktifitas Anda selama bekerja, kalau Anda tidak ingin dipecat.

Berikut adalah sejumlah trik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa kantuk saat bekerja:

  • Konsumsi kafein. Secangkir teh, kopi, coklat atau minuman berenergi mengandung kafein yang merupakan stimulan atau zat untuk meningkatkan produksi adrenalin dan menghambat zat kimia yang menyebabkan kantuk. Namun tentu saja tidak bisa dikonsumsi berlebihan. Para ahli merekomendasikan konsumsi kafein setiap hari tak lebih dari tiga cangkir kopi.
  • Ngemil. Camilan sehat yang mengandung protein seperti kacang-kacangan dapat merangsang sel orexin di otak yang akan mengirimkan impuls listrik yang membuat Anda tetap waspada dan terjaga.  Sebaliknya, camilan yang kaya karbohidrat justru dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dan menurunkannya sehingga membuat Anda  mudah ngantuk.
  • Musik. Musik yang tepat mampu  mengembalikan mood dan meningkatkan kemampuan otak dalam berkonsentrasi.
  • Stretching. Duduk terus menerus bukan hanya menyebabkan bosan tapi juga memancing kantuk. Usir dengan sedikit peregangan untuk melancarkan kembali aliran darah.
  • Sinar matahari. Duduk berlama-lama di ruangan ber-AC dengan cahaya lampu bisa membuat mengantuk, mungkin Anda perlu mencari udara segar atau berjemur sebentar di sinar matahari agar rasa kantuk Anda hilang.
  • Rangsang indra penciuman. Menghirup aroma tertentu ternyata cukup efektif untuk mengembalikan kembali fokus. Beberapa aroma yang cukup efektif membuat mata terbuka adalah pepermint, kayu manis, kopi, dan juga cokelat.
  • Konsumsi makanan bergizi. Pastikan Anda memenuhi asupan nutrisi seimbang.

Kalau perlu sediakan selalu Neurobion Tablet Putih untuk mengatasi pegal-pegal, kram dan kesemutan akibat bekerja dengan penuh dedikasi sepanjang hari. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: