Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

1 November, 2 Juta Buruh Mogok Nasional

51

Demo-BuruhJakartakita.com: Besok, Jumat (1/11/2013), sebanyak dua juta orang buruh dari 150 kabupaten kota dan 40 kawasan industry akan mengikuti aksi mogok nasional. Rencananya aksi ini akan dimulai sejak pukul 00.00 WIB pada 31 Oktober 2013.

Dalam aksi tersebut, ada lima hal yang menjadi tuntutan para buruh. Pertama, menuntut kenaikan upah minimal sebanyak 50%. Kedua, jaminan kesehatan seluruh masyarakat pada 2014 dapat dijalankan. Ketiga, buruh mengharapkan penghapusan sistem kerja outsourcing termasuk di Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Keempat, buruh menuntut segera disahkannya Rancangan Undang-undang (RUU) terkait pembantu rumah tangga yang rawan akan kejahatan perdagangan manusia. Dan kelima, buruh menuntut pemerintah untuk mencabut pemberlakuan Undang-undang Organisasi Masyarakat yang sudah ditetapkan DPRD.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menuturkan aksi mogok kerja nasional pada hari ini hanya akan digelar di kawasan industri dan di sekitar pabrik. Sedangkan untuk beberapa daerah yang tidak memiliki pusat kawasan industri, konsentrasi buruh akan terpusat di kantor pemerintahan seperti kantor gubernur atau bupati. .

Khusus di Jakarta, titik konsentrasi massa rencananya berada di Kawasan Industri Pulo Gandung, Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Sunter, Cilincing, dan Pelabuhan Tanjung Priok. Sedangkan di Bekasi, aksi mogok kerja digelar di Cikarang, Cibitung dan Tambun. Sementara di Tangerang, titik massa berada di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan dan Bintaro. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: