Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

5 Langkah Atasi Kram Saat Menstruasi

35

menstruasiJakartakita.com:Tidak sedikit perempuan yang mengalami kram perut saat tamu bulanan atau menstruasi datang. Terkadang nyeri perut yang dirasakan begitu tidak tertahankan hingga mengganggu aktifitas perempuan setiap awal menstruasi.

Kram perut saat menstruasi ini biasanya terjadi karena otot-otot rahim berkontraksi selama beberapa hari. Selama terjadinya proses ini tubuh memproduksi hormon prostaglandin yang dapat meningkatkan rasa sakit dan peradangan dalam rahim. Namun bisa juga disebabkan oleh aliran darah menstruasi yang tidak lancar, atau sebagai indicator adanya penyakit tertentu.

Seperti dilansir dari sheknows, inilah 5 langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kram saat menstruasi:

1.      Minum jamu. Kandungan curcuma pada jamu kunyit asam dipercaya dapat membantu melancarkan aliran darah menstruasi. Aliran darah menstruasi yang lancar akan mengurangi resiko kram perut saat menstruasi.

2.      Alat kontrasepsi. Pil kontrasepsi atau pil KB selain berfungsi untuk mengendalikan kehamilan juga bisa mengurangi aliran darah menstruasi dank ram yang ditimbulkan. Tidak hanya itu menurut MayoClinic.com, selain pil KB, suntikan hormone dan spiral IUD juga dapat mengurangi resiko kram perut saat menstruasi.

3.      Kompres perut dengan air hangat. Bila terasa perut terasa sangat nyeri saat menstruasi cobalah kompres bagian bawah perut dengan air hangat. Hangat cenderung panas dapat memberi rasa nyaman pada perut nyeri dan melemaskan otot-otot.

4.      Olahraga. Kram perut saat menstruasi juga dapat disebabkan karena kurangnya berolahraga. Olahraga ringan seperti jogging, yoga ternyata mampu membuat otot lebih rileks dan menambah pasokan oksigen ke seluruh tubuh.

5.      Tindakan operasi. Jika Anda mengalami kram perut parah setiap menstruasi mungkin Anda perlu diskusikan dengan dokter Anda. Bisa jadi Anda mengalami endometriosis atau fibroids. Tindakan operasi untuk memperbaiki jaringan (tissue) yang tidak normal, bisa mengurangi nyeri.

Kalau perlu konsumsi Sangobion Femine untuk mengatasi keluhan saat menstruasi. Karena kombinasi Metafolin, zat besi, vitamin dan mineral yang terdapat dalam Sangobion Femine mampu membantu proses pembentukan sel darah merah yang terbuang saat menstruasi. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: