Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Setu Babakan: Oase di Tengah Hiruk-Pikuk Ibukota

18

setu babakanJakartakita.com: Semakin menjamurnya pusat perbelanjaan di ibukota Jakarta yang menawarkan sejumlah fasilitas hiburan dan kuliner lengkap menjadikan mal sebagai tujuan warga Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan atau hari libur bersama keluarga. Tentu saja pusat perbelanjaan bukanlah tujuan wisata yang ramah di kantong. Namun hal itu bukan menjadi alasan warga Jakarta untuk mengurungkan niatnya untuk ‘nge-mal’.

Tahukah Anda kalau selain mal, Ancol, Monas, Ragunan, dan TMII,  ibukota Jakarta ternyata masih memiliki sejumlah tempat ‘tersembunyi’ yang tak kalah menarik untuk dijadikan destinasi wisata alternatif di kota Jakarta, salah satunya adalah Kampung Setu Babakan.

Setu Babakan merupakan oase di tengah hiruk-pikuk ibukota. Di perkampungan Betawi yang terdapat di kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan ini,  masyarakatnya masih mempertahankan budaya dan cara hidup khas Betawi, seperti; memancing, bercocok tanam, berdagang, membuat kerajinan tangan, dan membuat makanan khas Betawi. Melalui cara hidup inilah, mereka aktif menjaga lingkungan dan meningkatkan taraf hidupnya.

Dari perkampungan yang luasnya 289 Hektar, 65 hektar di antaranya adalah milik pemerintah di mana yang baru dikelola hanya 32 hektar. Perkampungan  ini didiami setidaknya 3.000 kepala keluarga. Sebagian besar penduduknya adalah orang asli Betawi yang sudah turun temurun tinggal di daerah tersebut. Sedangkan sebagian kecil lainnya adalah para pendatang, seperti pendatang dari Jawa Barat, jawa tengah, Kalimantan, dll yang sudah tinggal lebih dari 30 tahun di daerah ini.

Sebagai sebuah kawasan cagar budaya, Setu Babakan tidak hanya menyajikan pagelaran seni maupun budaya, melainkan juga menawarkan jenis wisata alam yang tak kalah menarik, yakni wisata danau. Dua danau, yakni Mangga Bolong dan Babakan, di perkampungan ini biasanya dimanfaatkan oleh wisatawan untuk memancing atau sekedar menikmati suasana sambil menyewa perahu untuk menyusuri dan mengelilingi danau.

Anda lapar setelah lelah berkeliling? Jangan khawatir! Di Setu Babakan banyak warung sederhana yang menjual aneka kuliner khas Betawi,  seperti; ketoprak, ketupat nyiksa, kerak telor, ketupat sayur, laksa, arum manis, soto betawi, roti buaya, bir pletok, nasi uduk, kue apem, toge goreng, dll. Bahkan di sini Anda juga bisa mendapatkan aneka buah langka yang sudah tidak dijual bebas lagi, seperti;’kecapi, buni, nam nam, menteng, gandaria, krendang, dan lain-lain.

Nah, bagi Anda yang belum memiliki agenda akhir pekan ini. Mungkin Anda bisa memasukkan Setu Babakan  sebagai destinasi wisata alternatif bersama keluarga akhir pekan ini. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati suasana Betawi yang kental dengan suasana alam yang asri , sekaligus mencicipi aneka kuliner Betawi yang lezat. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: