Take a fresh look at your lifestyle.

5 Pos Pengeluaran yang Bisa Dihemat

0 838

hematJakartakita.com: Kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok sudah pasti membuat Anda pusing. Pasalnya, kenaikan harga barang tidak selalu dibarengi dengan kenaikan gaji. Kalau Anda belum menemukan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang halal namun tidak mengganggu pekerjaan tetap Anda, maka satu-satunya cara adalah menghemat pengeluaran bulanan Anda.

Menghemat pengeluaran bulanan bukanlah perkara mudah. Sulit rasanya mempertimbangkan pos pengeluaran mana yang harus dikurangi namun tidak mengubah hidup Anda secara drastis. Berikut adalah 5 pos pengeluaran yang bisa dihemat:

1.      Makanan. Coba kurangi kebiasaan makan di luar dengan rajin memasak makanan rumahan. Kurangi snack, soft drink, makanan siap saji dari daftar belanja bulanan Anda.

2.      Transportasi. Jika saat ini mobil Anda adalah mobil ber-CC besar, gantilah mobil Anda dengan mobil standar yang ber-CC kecil. Dengan begitu Anda bisa mengurangi biaya bahan bakar. Jika Anda terbiasa berkendara sendiri ke kantor, Anda bisa mengajak kenalan Anda yang searah untuk menebeng mobil Anda untuk mengurangi biaya bensin dan tol yang biasanya harus Anda bayar sendiri. Atau sesekali Anda bisa mencoba moda transportasi umum sebagai transportasi saat ‘ngantor’, semisal; commuter line.

3.      Hiburan. Kurangi jadwal rekreasi Anda. Anda tidak perlu rekreasi setiap seminggu sekali bukan? Atau Anda bisa mengganti tujuan rekreasi mingguan Anda dengan hanya berjalan kaki di taman kota atau pusat rekreasi lainnya yang murah meriah. Jika Anda bekerja seminggu penuh dan Anda sering tidak punya banyak waktu untuk menonton TV saat akhir pekan, mungkin Anda perlu mempertimbangkan menghentikan langganan TV kabel Anda. Anda juga tidak perlu banyak berlangganan majalah.

4.      Olahraga. Tidak usahlah menjadi anggota klub kebugaran bergengsi yang sudah pasti mahal. Apalagi jika semangat Anda untuk olahraga masih ‘kembang-kempis’. Atau Anda bisa memanfaatkan komplek atau taman sekitar rumah Anda sebagai sarana Anda jogging.

5.      Fashion. Tidak akan ada habisnya kalau Anda mengikuti tren fashion yang sedang berkembang. Setiap saat pasti ada model terbaru dari baju, tas, sepatu maupun aksesoris. Cobalah membeli barang fashion klasik dan berkualitas agar tetap chic dipakai kapanpun dan tidak tertinggal mode. Jadi Anda tidak perlu setiap bulan membeli baju, sepatu, tas atau aksesoris baru.

 

Jika Anda sudah mencoba untuk mengurangi 5 pos pengeluaran di atas namun penghasilan Anda masih terasa ‘cekak’. Mungkin Anda harus mulai mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau mulai mencari pekerjaan baru. Tentu saja opsi ini membutuhkan energi lebih. Anda harus bekerja double. Kalau perlu sediakan selalu Neurobion Tablet Putih untuk mengatasi pegal-pegal, kram dan kesemutan akibat seharian penuh berjibaku mencari tambahan penghasilan. (Risma)

Tinggalkan komen