Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

10 Langkah Jakarta Bebas Banjir

27

BANJIR JAKARTAJakartakita.com:  Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan masalah banjir bukan hanya urusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, namun dibutuhkan kerja sama yang baik dengan wilayah-wilayah penyangga Ibukota.

Sementara itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pekerjaan Umum DKI tengah mempersiapkan sepuluh langkah antisipasi banjir di ibukota untuk jangka pendek seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas PU DKI, Manggas Rudy Siahaan, di Jakarta, Selasa (26/11/2013) seperti dilansir dari Kantor Berita Antara.

Manggas mengatakan langkah pertama yakni membentuk satuan petugas (satgas) banjir di 42 kecamatan dan suku dinas (sudin). Kedua, membentuk Satgas Jalan Rusak di 42 kecamatan dan sudin.

Langkah ketiga, katanya, adalah menangani 200 titik genangan yang tersebar di wilayah ibukota. Keempat, melakukan pengerukan terhadap 160 saluran penghubung dari total keseluruhan 884 saluran yang ada di Jakarta.

Kelima, pihaknya akan melakukan pengerukan 18 submakro. Keenam yaitu mengeruk 12 waduk yang tersebar di wilayah DKI. Ketujuh adalah melakukan refungsi kali di 80 lokasi. Kedelapan, memperbaiki 73 pompa air pengendali banjir.

Langkah kesembilan yaitu melakukan perbaikan terhadap 62 pintu air. Terakhir, memasang kamera pengawas atau Closed Camera Television (CCTV) di 130 stasiun pompa untuk meningkatkan sistem peringatan dini atau ‘early warning system’ kepada seluruh masyarakat agar dapat melakukan berbagai persiapan sebelum menghadapi banjir. (ANTARA/Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: