Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

5 Langkah Menyiasati Anggaran Rumah Tangga

42

Perencanaan KeuanganJakartakita.com: Bagi Anda yang terbiasa menjadi wanita karir mungkin tidak mudah memutuskan berhenti bekerja dan menjadi ibu rumah tangga (IRT). Banyak hal yang membuat seorang wanita maju-mundur sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja agar bisa fokus mengurusi keluarga. Salah satunya adalah berkurangnya pendapatan.

Berikut adalah 5 langkah yang bisa dilakukan bagi Anda para IRT atau full time mommy untuk menyiasati anggaran rumah tangga:

1.      Menyesuaikan pengeluaran dan pemasukan. Dengan berhentinya Anda dari pekerjaan, dan menjadi IRT. Itu berarti pemasukan rumah tangga berkurang dan hanya bersumber dari suami. Maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah me-list pengeluaran menurut skala prioritas. Mau tidak mau Anda harus mengurangi sejumlah anggaran yang tidak penting agar cukup. Misal; pengeluaran beli baju/sepatu/tas toh Anda sudah tidak perlu lagi tampil gaya setiap hari.

2.      Membiasakan diri memasak. Salah satu pengeluaran terbesar adalah biaya makan di luar. Anda bisa mengurangi pengeluaran ini dengan mengurangi frekuensi jajan dan menggantinya dengan memasak sendiri. Selain sehat, Anda pun bisa berhemat.

3.      Diskon. Setelah Anda me-list seluruh pengeluaran bulanan Anda. Hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah toko mana yang bisa memberikan Anda potongan harga relatif besar untuk barang yang Anda butuhkan. Biasanya peritel berlomba-lomba untuk memberikan diskon untuk menarik pelanggan. Nah, gunakan kesempatan tersebut dengan bijak. Jangan tergoda membeli barang-barang yang tidak diperlukan hanya karena diskon.

4.      Anggaran liburan dan ulang tahun. Kurangi frekuensi liburan keluarga Anda. Atau Anda bisa merencanakan liburan murah yang menyenangkan untuk keluarga, misalkan; mengunjungi kebun binatang atau taman kota. Tidak ada salahnya juga Anda merayakan ulang tahun anggota keluarga dengan cara yang sederhana.

5.      Pertimbangkan kerja dari rumah. Kalau semua cara sudah dilakukan namun masih ‘kurang’, mungkin Anda harus mulai memikirkan cara mencari penghasilan tambahan dengan bekerja paruh waktu atau bekerja dari rumah. Jadi Anda masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan namun tidak perlu meninggalkan tanggung-jawab Anda sebagai ibu rumah tangga.

Kalau perlu konsumsi Neurobion Tablet Putih untuk mengatasi pegal-pegal, kram dan kesemutan setelah seharian mengurus rumah, anak-anak dan suami namun masih harus bekerja paruh waktu demi mendapatkan penghasilan tambahan. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: