Take a fresh look at your lifestyle.

Survei KWP: Tren Konsumsi Domestik FMCG Meningkat

0 1,025

Kantar-Worldpanel-Indonesia-2Jakartakita.com –  Belum lama ini, lembaga riset Kantar WorldPanel menjelaskan analisis dari hasil survei tentang perilaku konsumen, loyalitas terhadap produk, dan juga prediksi ekonomi Indonesia 5 tahun kedepan. Dijelaskan bahwa, tingkat pertumbuhan konsumsi domestik di Indonesia diperkirakan akan terus mengalami tren peningkatan bahkan hingga 5-10 tahun mendatang. Hal ini didorong oleh perilaku masyarakat yang konsumtif dan menyukai hal-hal baru yang tengah menjadi tren.

“Indonesia adalah negara yang spesifik karena fundamental ekonominya ditopang konsumsi masyarakat. Tingginya pertumbuhan konsumsi domestik membuat laju perekonomian Indonesia tetap stabil di tengah kondisi perekonomian dunia yang penuh dengan ketidakpastian,” kata Fabrice Carrasco, Managing Director Indonesia-Vietnam-Philippines Kantar WorldPanel (KWP), dalam keterangan persnya di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta (5/12) lalu.

Ditambahkan, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki perilaku konsumtif dan menyukai barang-barang baru. Mereka juga rela menghabiskan sebagian pendapatan mereka untuk membeli produk baru yang sedang tren.

Related Posts
1 daripada 5,618

“Di negara lain hanya ditopang kinerja ekspor maupun government spending atau belanja pemerintah namun disini pada konsumsi domestik,” sahutnya.

Karenanya, Carrasco menyarankan pemerintah terus menjaga pertumbuhan konsumsi agar tidak mengalami penurunan.

Senada hal itu, General Manager Kantar Worldpanel Indonesia, Lim Soon Lee, menyatakan kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu membuat beban pengeluaran rumah tangga di Indonesia menjadi bertambah. Hal ini memberikan pengaruh terhadap pembelanjaan mereka pada produk-produk FMCG seperti makanan, minuman, perawatan tubuh, dan perawatan rumah tangga. Namun konsumsi domestik tidak anjlok pertumbuhannya karena pemerintah sudah memberikan program kompensasi.

“Kenyataannya, konsumen Indonesia hampir selalu bisa beradaptasi dalam keadaan sulit. Data survei Kantar Worldpanel menunjukkan beberapa brand baru prpduk FMCG justru mengalami kenaikan yang signifikan setelah pertama kali dilaunching di pasaran,” ujar Soon Lee.

 

Tinggalkan komen