Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Atasi Kesemutan dengan Ini!

36

kesemutanJakartakita.com: Apakah Anda sering mengalami kesemutan yang menyerang ujung jari, biasanya tangan kanan, dan kemudian berkembang menjadi rasa tebal, saat digunakan beraktivitas terutama di pagi hari? Mungkin Anda mengalami Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Gejala kesemutan ini berkaitan dengan rongga di pergelangan tangan (karpal) yang mengalami pembesaran otot-otot sehingga menekan saraf yang melewati terowongan tersebut. CTS bisa menjadi gangguan lebih serius bila didiamkan cukup lama, misalnya 1 – 2 tahun. Pada tahap ini tekanan otot sudah mengganggu aliran darah ke tangan, dengan akibat otot-otot yang mengalami kekurangan nutrisi akan mengecil, dan melemahkan otot.

Bila masih dalam taraf ringan, Anda masih bisa mengatasinya dengan latihan ringan berikut:

  • Mengibas-ngibaskan pergelangan tangan.
  • Pertemukan jari-jemari tangan dengan posisi saling silang, lalu luruskan kedua siku dan tarik kedua tangan ke atas sejajar bahu Anda. Bisa juga, dalam posisi jari sama, Anda rentangkan kedua tangan ke atas, lalu turunkan ke bawah. Atau, dari atas turunkan kedua tangan ke samping kiri dan kanan bergantian.
  • Rendam tangan dalam air dingin, lalu pindahkan ke air hangat, kemudian kembali ke air dingin lagi.
  • Kalau perlu konsumsi Neurobion Tablet Putih.

Jika kesemutan itu terjadi di satu bagian tubuh. Kemudian menjalar ke bagian tubuh lain di sekitarnya, dan kemudian memperburuk fungsi-fungsi tubuh lainnya, bisa jadi itu adalah gejala penyakit serius. Segera konsultasikan dengan dokter Anda sebelum terlambat! (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: