Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Belanja Bingkisan Natal

0 722

doc: 123rf
doc: 123rf

Jakartakita.com: Salah satu tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari natal adalah kebiasaan saling bertukar bingkisan natal kepada kolega atau sanak saudara.  Bingkisan natal adalah salah satu cara untuk mempererat hubungan silaturahmi di hari raya.

Sebelum membeli bingkisan natal, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal di bawah ini:

·         Survey. Jauh hari sebelum membeli bingkisan lebaran, ada baiknya Anda melakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui dimana vendor penyedia parsel yang harganya ok dan mutunya terjamin. Anda bisa browsing atau jalan untuk melihat langsung. Rekomendasi dari teman, saudara atau siapapun yang pernah membeli bingkisan lebaran di suatu tempat menjadi informasi nomer satu.

·         Sesuaikan jenis bingkisan dengan kebutuhan. Namanya juga hadiah, tentu Anda berusaha sebisa mungkin memberikan hal yang disukai oleh calon penerima. Sebelum membeli paket bingkisan apa yang ingin Anda berikan, ada baiknya Anda mencari tahu apa yang disukai atau dibutuhkan calon penerima. 

·         Jika bingkisan Anda berupa makanan atau minuman, perhatikan tanggal kadaluarsa. Jangan sampai niat baik Anda disalah-artikan oleh penerima bingkisan hanya karena Anda tidak teliti memberikan makanan & minuman kadaluarsa kepadanya.

·         Bandingkan harga. Di pasaran banyak tersedia beraneka-ragam parsel yang sudah jadi. Ada baiknya Anda mengecek harga dari setiap item. Kalau Anda memiliki waktu lebih, mungkin membeli isi bingkisan dan mengemasnya sendiri lebih baik.

·         Online shopping
Tak ada salahnya untuk melirik sejenak berbagai barang yang ditawarkan di toko online. Bahkan beberapa pernak-pernik unik yang mungkin tak ditemukan di toko atau mal bisa diperoleh disini. Dan praktisnya juga, Anda bisa membandingkan harga produk yang sama di beberapa toko online yang berbeda dalam waktu singkat. Saat belanja online, Anda harus bisa disiplin dan tidak boleh lapar mata.

·         Belanja dengan uang tunai
Membayar semua belanjaan dengan uang tunai secara tak langsung memaksa Anda untuk taat pada anggaran. Mengontrol keluarnya uang tunai jauh lebih mudah dibanding pembayaran dengan kartu kredit.

·         Gunakan kreativitas Anda
Asahlah kemampuan dan kreativitas Anda untuk berkreasi membuat bingkisan istimewa buatan sendiri. Selain Anda bisa berhemat, memberikan sentuhan pribadi pada setiap bingkisan natal yang Anda berikan kepad orang terkasih membuatnya menjadi lebih istimewa dan membanggakan.

Memilih dan membeli bingkisan lebaran yang pas di kantong dan hati memang gampang-gampang susah. Jangan membeli bingkisan natal dalam keadaan tergesa-gesa. Luangkan waktu lebih untuk survey dari jauh hari.Karena biasanya pusat perbelanjaan akan semakin padat menjelang hari natal. Kalau perlu konsumsi neurobion tablet putih untuk mengatasi pegal-pegal, kram dan kesemutan setelah seharian berkeliling hunting bingkisan natal.

 (Risma)

Tinggalkan komen