Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

10 Resolusi Karir di Tahun Baru

42

karirJakartakita.com: Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk membuat perubahan besar dalam diri Anda, termasuk karir. Gunakan kesempatan emas di awal tahun untuk mempersiapkan strategi baru agar karir Anda menjadi lebih sukses. Buat evaluasi perjalanan karir Anda, lihat kembali buku impian Anda tentang karir. Kalau Anda belum punya tujuan karir yang jelas, belum terlambat untuk mulai memformulasikannya dari sekarang agar di awal tahun Anda bisa langsung beraksi mewujudkan resolusi karir Anda.

Berikut adalah 10 hal yang bisa Anda jadikan resolusi karir Anda di tahun baru, seperti dilansir dari Forbes :  

1.      Minta kenaikan gaji atau promosi. Awal tahun adalah saat yang tepat untuk membicarakan kenaikan gaji kepada bos Anda. Tentu saja Anda tidak boleh datang dengan tangan kosong. Datanglah dengan membawa list job desc, sederet keberhasilan, rekomendasi, dll kepada bos Anda. Jika permintaan naik gaji dan promosi Anda dikabulkan, sudah pasti Anda akan lebih bersemangat ‘ngantor’ di tahun baru.

2.      Bebas stress. Jika di tahun sebelumnya Anda sering merasa stress dengan setumpuk deadline. Anda harus mencantumkan ‘bebas stress’ sebagai resolusi karir Anda. Percuma karir bagus, penghasilan besar kalau Anda sering sakit, mabuk karena stress dengan pekerjaan. Cobalah membuat manajemen waktu yang baik. Cobalah untuk mendelegasikan sebagian tugas kepada bawahan Anda, minta bantuan dengan rekan setim jika diperlukan.

3.      Lebih terorganisir. Biasakan membuat agenda, things to do list di organizer atau gadget, agar pekerjaan Anda rapih dan tidak lupa akan meeting penting. Merapihkan meja dan filing dokumen Anda juga membantu pekerjaan Anda lebih terorganisir. Pekerjaan yang terorganisir dapat meminimalkan resiko stress dan depresi.

4.      Berhenti bekerja dan pindah kerja. Jika sepanjang tahun 2013 ini Anda merasa tertekan, bête dengan bos atau rekan sekerja, stuck karena tidak ada peningkatan karir ataupun gaji yang memadai. Ini saatnya Anda memutuskan resign dan pindah kerja untuk karir yang lebih baik di tahun baru.

5.      Hidup seimbang. Kalau sepanjang tahun ini, hidup Anda terasa tidak seimbang karena Anda menghabiskan lebih banyak waktu di kantor ketimbang dengan keluarga atau kekasih Anda, bahkan Anda tidak punya waktu untuk diri Anda sendiri. Maka di tahun yang baru, ‘work-life balance’ harus menjadi resolusi karir Anda.

6.      Jaringan kerja. Apakah Anda selama ini merasa terkungkung dalam ruang sempit, bergaul dengan segelintir orang yang menjadi rekan setim Anda, bahkan Anda tidak kenal orang di divisi atau lantai lain? Pastikan di tahun yang baru Anda mulai memperluas jaringan. Berkenalan dengan orang-orang baru di divisi atau kantor lain untuk peluang karir Anda yang lebih baik di tahun baru.

7.      Perbaiki hubungan dengan bos dan rekan sekerja. Hubungan yang baik dengan bos dan rekan sekerja dapat membuka peluang karir yang lebih bagus di masa depan. Setidaknya Anda jadi betah di kantor dan tidak merasa tertekan.

8.      Meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Percuma jago teori atau membuat presentasi kalau Anda tidak bisa mempresentasikannya sendiri di depan para pembuat keputusan. Bisa-bisa rekan Anda yang karirnya melejit hanya karena mampu mempresentasikan hasil presentasi Anda dengan sangat baik.

9.      Sekolah lagi. Menambah gelar dengan melanjutkan sekolah adalah salah satu cara untuk meningkatkan karir Anda. Nah, jangan ragu untuk bersekolah kembali di selah-sela kesibukan Anda berkarir. Toh ini semua demi masa depan karir Anda yang cemerlang. Kalau perlu konsumsi Neurobion Tablet Putih untuk mengatasi pegal-pegal, kram dan kesemutan setelah seharian penuh ‘ngantor’ dan melanjutkan sekolah S2/S3.

10.  Lebih baik dalam merespon e-mail penting. Jika tahun ini Anda sering dikomplain karena telat merespon e-mail atau malah tidak hadir dalam meeting penting hanya karena belum mengecek e-mail undangan. Di tahun yang baru Anda harus lebih terorganisir dalam merespon e-mail penting. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: