Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

10 Superfood Terbaik

42

healthy-food-docJakartakita.com: Tahukah Anda bahwa sejumlah makanan alami memiliki khasiat super bagi kesehatan manusia? Sejumlah makanan tersebut bisa dijadikan suplemen alami bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh.

Berikut adalah 10 superfood terbaik versi She Knows. Anda bisa menambahkan 10 superfood tersebut ke dalam menu diet Anda sehari-hari.

1. Buah delima. Buah yang tergolong jenis buah eksotis ini merupakan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan otak. Biji buah delima dapat dicampurkan ke dalam salad, yogurt, es krim, cocktail, hiasan pada muffin, dan pancake.

2. Buah kenari. Kandungan lemak tak jenuh dan nutrisi lainnya membuat buah kenari sangat baik untuk kesehatan jantung. Buah kenari yang kaya akan Omega 3 dapat mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, kanker, tekanan darah tinggi dan depresi. Buah kenari dapat dicampurkan ke dalam resep kue pilihan Anda.

3. Brokoli adalah sayuran rendah kalori, tinggi polyphenols. Berdasarkan sejumlah riset, brokoli dapat membasmi sel kanker dan mengobati penyakit jantung, mengurangi resiko cacat bawaan dari janin dan meningkatkan daya tahan tubuh. Brokoli bisa dikonsumsi mentah, kukus, goreng, atau dijadikan campuran  salad dan jus.

4. Gandum, meliputi tepung terigu, beras coklat, havermut, bulgur, barley dan buckwheat selain mengenyangkan karena mengandung karbohidrat, juga merupakan superfood untuk mengurangi resiko sakit jantung, kanker dan diabetes. Serat yang terkandung dalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol, menstabilkan gula darah, mengurangi resiko kanker usus besar.

5. Kayu manis adalah salah satu rempah yang harus ada di dapur Anda. Satu sendok teh kayu manis bubuk mengandung antioksidan yang sama dengan setengah cangkir teh blueberry. Anda bisa menambahkan kayumanis sebagai bumbu dalam masakan  Anda atau masukan ke dalam segelas coklat panas.

6. Dark chocolate. Walaupun juka dikonsumsi berlebihan cokelat hitam ini tidak baik, namun kandungan polyphenol dalam coklat hitam dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan resiko penyakit jantung.

7. Alpukat dapat menurunkan resiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Alpukat kaya akan vitamin E, serat, asamfolat, potasium dan magnesium. Anda bisa menjadikan alpukat sebagai salad dressing menggantikan mayonnaise, selain dibuat jus.

 8. Sayuran berwarna hijau tua, seperti; bayam, kale, dan lain sebagainya berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, mematikan sel kanker, meningkatkan fungsi otak dan mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan zat besi yang tinggi menjadikan sayuran ini sebagai menu wajib untuk mengatasi anemia.

9. Salmon, sumber protein hewani yang berpadu dengan omega 3 ini merupakan anti-inflamasi yang dapat mengurangi resiko penyakit dementia, Alzheimer’s, arthritis, asma.  

10. Teh hijau, kandungan polyphenol dan EGCG flavanoid dalam minuman super ini jika dikonsumsi setiap hari dapat menghindarkan Anda dari resiko terkena penyakit kanker, stroke, dan penyakit jantung. Teh hijau juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan mengkonsumsi aneka superfood  di atas dapat mengurangi resiko beragam penyakit termasuk anemia, karena kandungan zat besi, B-12 dan asam folat. Selain superfood di atas, dianjurkan juga untuk mengkonsumsi suplemen penambah darah Sangobion Kapsul untuk mengatasi gejala anemia. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: