Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kualitas Kendaraan Baru di Indonesia Meningkat

37

imagesJakartakita.com – Baru-baru ini, lembaga riset J.D. Power Asia Pacific yang berkantor di Singapura merilis laporan bahwa kualitas kendaraan baru di Indonesia meningkat secara signifikan di tahun 2013 lalu. Dari hasil riset tersebut diungkapkan, model-model kendaraan dari Honda, Mitsubishi, Suzuki dan Toyota memperoleh Initial Quality Award di segmennya masing-masing.

Hasil dari Indonesia Initial Quality Study (IQS) 2013 yang dikeluarkan oleh J.D. Power Asia Pasifik juga memperlihatkan bahwa kualitas awal dari kendaraan baru adalah pertimbangan utama dalam proses pembelian bagi lebih dari separuh pemilik kendaraan di Indonesia, terlihat membaik sebesar 8 masalah per 100 kendaraan (PP100) di tahun 2013.

Sementara itu, lebih dari separuh (52%) pemilik kendaraan baru menyatakan bahwa kualitas merupakan salah satu pertimbangan utama dalam menentukan kendaraan yang akan dibeli. Studi ini juga menemukan bahwa 59 persen pemilik kendaraan menyatakan bahwa reputasi atau tingkat kepercayaan suatu merek merupakan unsur pertimbangan penting dalam memutuskan merek dan model kendaraan yang akan dibeli.

“Kualitas kendaraan pada saat dibeli, baik kualitas produk yang sesungguhnya maupun persepsi konsumen mengenai kualitas produk, sangat penting bagi calon pembeli kendaraan baru dalam mempertimbangkan untuk membeli kendaraan,” kata Rajeev Nair, Direktur J.D. Power Asia Pasifik.

Ditambahkan, konsumen semakin banyak memperoleh informasi mengenai kualitas kendaraan dari Internet – situs dan forum otomotif – dan menggunakan informasi tersebut sebagai masukan ketika membeli kendaraan baru.

Hasil riset tersebut juga mengungkapkan, dari 59 model yang dievaluasi dalam studi ini, dua model dari Honda (Brio dan CRV) dan Toyota (Avanza dan Kijang Innova) menempati peringkat tertinggi di segmennya masing-masing. Mitsubishi Outlander Sport dan Suzuki Swift juga menempati peringkat tertinggi di segmennya masing-masing.

Indonesia Initial Quality Study (IQS) 2013 disusun berdasarkan masukan dari 3.293 pemilik kendaraan yang membeli kendaraan baru antara Oktober 2012 dan Agustus 2013. Studi ini mencakup 13 merek kendaraan yang meliputi 59 model-model kendaraan penumpang dan utility vehicle. Studi ini diselenggarakan antara bulan April dan November 2013.

Sebagai informasi, J.D. Power Asia Pacific memiliki kantor di Tokyo,Singapura, Beijing, Shanghai dan Bangkok yang melakukan penelitian kepuasan pelanggan dan menyediakan layanan analisis kinerja untuk industri otomotif,  teknologi informasi, dan keuangan. Kelima kantor ini secara bersama-sama memberikan laporan mengenai tingkat kepuasan pelanggan kepada para konsumen dan kalangan bisnis di Australia, China, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: