Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kedai Suwe Ora Jamu, Ketika Jamu ‘Naik Pangkat’

76
doc: beetroid
doc: beetroid

Jakartakita.com: Di tengah menjamurnya restoran yang menjual aneka makanan dan minuman barat, Nova Dewi Setiabudi dan Uwi Mathovani malah memilih jamu sebagai menu andalan di kedai milik mereka di Gandaria, Kebayoran Lama. Nova ‘arek Suroboyo’ yang lama tinggal di Australia dan sempat memiliki sebuah kedai kopi di sana ternyata adalah pencinta jamu. Sedangkan Uwi adalah seorang pria yang menyukai barang-barang vintage.

Pasangan nyentrik,  Nova dan Uwi sepakat menciptakan tempat minum jamu yang jauh dari kesan kumuh dan ‘ndeso’. Nama kedai ini Suwe Ora Jamu. Seperti lirik lagu daerah, Suwe Ora Jamu memang mengangkat konsep tradisional dan modern sekaligus. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai varian jamu baik yang asli maupun yang sudah ‘dipermak’ menjadi lebih modern namun tetap berkhasiat.

Kendati kedai ini berukuran kecil, namun kedai ini cukup ‘cozy’ untuk dijadikan tempat nongkrong. Furniture vintage, pernak-pernik jadul, bau jamu yang menyergap indera penciuman dan alunan musik dijamin bisa membuat Anda betah.

Bangunan kedai terdiri atas 3 lantai. Lantai 1 non smooking area, sedangkan smoking area ada di lantai 3 yang lebih terbuka.  Sedang di lantai 2, khusus  untuk pengunjung yang membawa anak-anak karena dilengkapi dengan sejumlah permainan yang bisa membuat anak-anak betah.

Sebagai arek Suroboyo, Nova akrab dengan merek Jamu Iboe, sebuah perusahaan jamu terkenal asal Surabaya. Pada menu jamu, terdedikasi racikan milik perusahaan berumur puluhan tahun itu, seperti jamu Ginseng Prakoso (obat kuat pria), Galian Putri (jamu pelangsing), hingga Silokarang (pereda sakit kepala dan pilek).

Ada juga minuman fusion antara jamu dan bahan modern, racikan dari Nova, seperti Green Tamarin (sawi dan kunyit asem) dan Pure Vera (sari alang-alang, jeruk limau, lidah buaya). Sedang menu camilan andalan adalah pisang goreng krispi  yaitu pisang goreng yang dilengkapi parutan keju dan saus caramel.

Bagi Anda yang ingin menyantap makanan berat, Kedai Suwe Ora Jamu juga menyediakan beberapa menu olahan nasi, salah satunya adalah Nasi Bakar Tandjung Priok. Kisaran harga mulai dari Rp 9.000 untuk jamu tradisional. Sedangkan makanan berat mulai dari Rp 25.000.

Kedai Suwe Ora Jamu yang berlokasi di Jalan Petogogan 1 No. 28, Gandaria, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan buka dari pukul 15:30 hingga pukul 00:00. Jika ingin berkunjung di siang hari, anda harus membuat janji dengan pihak pengelola terlebih dahulu. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: