Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Rumah Seharga 1 Miliar di Jabotabek, Laris Manis

17
dok: propertykita
dok: propertykita

Jakartakita.com: Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 5 persen hingga 6 persen sepanjang 2013 mendorong meningkatnya daya beli konsumen perumahan. Meski terjadi penurunan transaksi penjualan sebesar rerata 15 persen menjadi Rp 6,545 triliun sepanjang semester II 2013, namun telah terjadi pergeseran kualitas produk incaran konsumen.

Adapan produk rumah yang paling diincar konsumen di kawasan Jadebotabek sepanjang 2013 lalu adalah seharga Rp 1 miliar per unit untuk ukuran 70/100. Sebelumnya, rumah yang dibanderol Rp 800 juta merupakan primadona pasar.

“Mereka yang membeli rumah dengan harga Rp 1 miliar adalah konsumen rumah pertama dengan motivasi untuk ditinggali, bukan investor. Terjadinya pergeseran kualitas produk juga berlangsung secara wajar. Bukan pertumbuhan semu,” Menurut Senior Analyst Research & Advisory Cushman & Wakefield Indonesia, Runita Kesumaramdhani Selasa (22/4/2014).

Perubahan harga terutama terjadi di kawasan-kawasan dengan perkembangan pesat, misalnya Bekasi dan Bogor. Di kedua kawasan ini permintaan tak kalah tinggi dengan kawasan lainnya. Bekasi dan Bogor menjadi pilihan untuk tinggal karena terkoneksi dengan Jakarta melalui jaringan infrastruktur tol Jagorawi dan Kereta Rel Listrik (KRL).

“Sementara kondisi sebaliknya terjadi di Tangerang, khususnya Serpong. Sebelumnya, di kawasan ini para pengembang mematok harga rumah sangat tinggi, yakni Rp 2 miliar untuk ukuran 70/100. Namun, belakangan mereka justru menurunkan patokan harga jual menjadi Rp 1 miliar hingga Rp 1,5 miliar, karena pasar lebih mampu menyerapnya,” tandas Runita.

Sumber: kompas

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: