Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Sejarah Panjang Pasar Rumput

37

Pasar rumputJakartakita.com: Kalau di Pasar Burung, Anda dapat membeli burung, di Pasar Buah Anda dapat membeli buah, begitupun di Pasar Bunga Rawa Belong Anda bisa membeli bebungaan. Maka Anda tidak akan menemukan rerumputan di jual di Pasar Rumput.

Pasar Rumput merupakan sebutan nama pasar yang sekarang lokasinya ada di Jl. Sultan Agung Jakarta Selatan. Pasar ini sekarang telah menyatu dengan pasar Manggarai. Kisah penyebutannya Pasar Rumput ini bermula ketika para pedagang pribumi menjual rumput dan sering mangkal di lokasi ini. Para pedagang rumput terpaksa mangkal di sini karena mereka tidak diperbolehkan masuk ke permukiman  elit Menteng.

Saat itu warga Menteng yang terkenal ‘tajir’ banyak yang memelihara  kuda. Karena pada masa itu, kuda adalah alat transportasi mewah milik orang-orang kaya dan kompeni Belanda yang tinggal di Menteng. Namun karena Menteng merupakan kawasan elit, membuat para pedagang rumput tidak bisa masuk untuk menjual dagangannya. Akhirnya para pedagang terpaksa mencari sebuah tempat berjualan yang lokasi berdekatan dengan wilayah Menteng.

Di tahun 1950-an, Pasar Rumput semarak oleh kehadiran para pedagang kuda, rumput sebagai pakan kuda dan sado (gerobak kuda). Lama-kelamaan seiring dengan kemajuan teknologi transportasi, kuda tidak lagi dijadikan alat transportasi orang-orang kaya Menteng. Perlahan tapi pasti pedagang rumput mulai menghilang dari area pasar Rumput. Digantikan dengan kehadiran pedagang barang bekas (loak) yang sebelumnya memang berjualan di pinggiran Sungai Ciliwung.

Bisnis barang bekas kian hari makin marak di Pasar Rumput hingga sekarang. Berbagai macam barang bekas dijual disini semisal alat olahraga, alat perkantoran, sepeda bekas, alat kedokteran dan lainnya yang bekas. Pasar Rumput menjadi surga bagi para pemburu barang bekas dengan harga murah.

Bagi Anda yang sedang membangun atau merenovasi rumah namun memiliki keterbatasan finansial, tidak ada salahnya untuk menyambangi Pasar Rumput. Pasar ini juga menyediakan aneka barang sanitari eks hotel yang dijual dengan harga sangat murah. Jangan khawatir penampilan barang bekas yang buruk rupa. Karena Pasar Rumput juga menyediakan para penyedia jasa ahli poles yang dapat menyulap aneka barang bekas menjadi ‘kinclong’ seperti baru. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: