Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Video ‘Look Up’: Ketika Teknologi Memberangus Kehidupan Sosial Manusia

65
dok: Youtube
dok: Youtube

Jakartakita.com: Pesatnya perkembangan teknologi internet semakin membuat manusia kehilangan kehidupan sosialnya di dunia nyata. Internet yang semula merupakan barang mewah yang hanya bisa diakses oleh segelintir orang. Kini seakan menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Semua orang bisa dengan mudah mengakses melalui smartphone di genggaman.

Manusia tiba-tiba menjadi sangat bangga memiliki ratusan teman di media sosial yang terjaga dengan baik komunikasinya di dunia maya walaupun mereka tersebar di berbagai tempat. Namun pada kenyataannya di dunia nyata, bahkan mereka tidak punya waktu untuk sekedar berinteraksi dengan keluarga serumah.

Jika dahulu manusia lebih suka bertanya kepada manusia lain yang ditemui di jalan saat mencari alamat. Kehadiran teknologi, membuat manusia cukup percaya diri dengan GPS di genggaman. Mereka lebih suka bergantung kepada teknologi GPS dibanding berinteraksi dengan manusia lain untuk bertanya, walau kadang GPS malah membuatnya tersesat lebih lama.

Hubungan percintaan jarak jauh menjadi sebuah kelaziman. Tidak ada lagi canda tawa antar anggota keluarga di rumah, karena masing-masing sibuk me-‘maintain’ relasi di dunia maya. Si kecil yang belum tahu apa-apa, dipaksa menikmati suguhan kecanggihan teknologi smartphone lewat aneka permainan mengasyikan karena para orang tua tidak punya cukup waktu untuk berinteraksi. Semua sibuk dengan dunianya masing-masing.

Kekhawatiran Gary Turk akan generasi online ini mendorongnya untuk membuat sebuah film pendek berdurasi lima menit, berjudul ‘Look Up’. Video yang diunggah di Youtube sejak 25 April 2014 ini menggemparkan dunia. Terbukti sejak diunggah, Video yang menggambarkan dampak buruk dari penggunaan media sosial, dan smartphone secara berlebihan bagi kehidupan sosial manusia ini sudah ditonton lebih dari 34 juta orang.

Lewat narasi sepanjang video, Gary Turk ingin memprovokasi penonton untuk hidup ‘normal’ tanpa smartphone. Buat apa memiliki banyak teman di dunia maya, kalau di dunia nyata kesepian.

Gary Turk ingin menyadarkan semua orang yang sudah terlanjur kecanduan smartphone untuk berhenti khawatir bila smartphone tertinggal atau lowbatt, berhenti menghabiskan waktu di depan layar, dan memulai hidup baru untuk bersosialisasi secara nyata.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk menonton video berikut ini. (Risma)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: