Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Luis Suarez, Pemain Termahal Liverpool

50
dok: liverpool FC Indonesia
dok: liverpool FC Indonesia

Jakartakita.com: Bagi Anda pencinta olahraga sepakbola, pasti tidak asing lagi dengan Luis Alberto Suarez Diaz. Suarez yang bernomer punggung 7 di klub Liverpool ini resmi menjadi pemain dengan bayaran termahal dalam sejarah Liverpool FC setelah menandatangani kontrak perpanjangan kerjasamanya dengan klub yang bermarkas di Anfield pada Jumat (20/12/2013).

Seperti dilansir dari The Telegraph, bayaran yang diterima oleh Luis Suarez mencapai sekitar 200.000 poundsterling per pekan. Bayaran ini merupakan termahal sepanjang sejarah Liverpool. Namun, bayaran tersebut sangat pantas untuk pria kelahiran Uruguay, 24 Januari 1987. Pasalnya Luis Suarez menjadi pencetak gol terbanyak di Premiere League musim ini dengan torehan 31 gol.

Rekor pemain Liverpool pencetak gol terbanyak sebelumnya dipegang oleh Robbie Fowler yakni sebanyak 28 gol pada musim kompetisi 1995-1996. Namun, sayangnya pada musim tersebut Fowler gagal menjadi top skor karena kalah 3 gol dari Alan Sheared (Blackburn Rovers).

Karir Suarez sendiri di Eropa dimulai pada tahun 2006. Suarez hijrah ke Belanda untuk merumput bersama Groningen FC di Eredivisie. Kemudian ditransfer ke Ajax pada tahun 2007 hingga menjadi Ajax Player Of The Year pada 2008-2009.  Tahun berikutnya menjadi kapten dan top skor liga dengan 35 gol di 33 pertandingan hingga dinobatkan menjadi Dutch Footballer of The Year. Tahun 2010-2011, ia mencetak 1 gol melengkapi gol ke seratusnya buat Ajax. Makanya tak mengherankan kalau Suarez disandingkan dengan pemain produktif lainnya, seperti; Marco Van Basten, Dennis Bergkamp, dan John Cruyff.

Tahun 2011, Suarez ditransfer ke Liverpool dengan biaya 26.500.000 poundsterling. Sebuah nilai transfer yang cukup mahal untuk saat itu. Namun Suarez berjasa dalam menaikkan peringkat Liverpool dari 12 besar hingga 6 besar pada akhir musim kompetisi tahun itu.  Februari 2012, akhirnya Suarez mendapatkan trofi kemenangannya yang pertama bersama Liverpool di piala liga. 22 Maret 2014, lagi-lagi Suarez menorehkan prestasi hattrick untuk yang keenam kalinya.

Suarez juga merupakan jagoan timnas Uruguay, negara asalnya. Ia pertama kali merumput membela Uruguay di kancah internasional pada Piala Dunia U-20 tahun 2007. Prestasinya terus melejit hingga ia dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik kesembilan di dunia versi The Guardian.

Suarez, bukan hanya sangat produktif sehingga menempati posisi teratas daftar top scorer Premier League. Mantan pemain Ajax Amsterdam ini juga mampu membawa Liverpool memuncaki klasemen sementara dan di ambang juara Liga Inggris setelah menunggu selama 24 tahun.

Makanya tak mengherankan kalau Real Madrid siap membuat rekor lagi dalam bursa transfer untuk memboyong pemain buruannya yang tak lain adalah Luis Suarez. Seperti dikutip Tribalfootball dari laporan The Sun, El Real ingin menggaet striker andalan Liverpool dengan harga 70 juta poundsterling (sekitar Rp 1,363 triliun) pada musim panas nanti. Kita lihat saja nanti, kemana Luis Suarez akan merumput pada musim pertandingan berikutnya? (Risma/berbagai sumber)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: