Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tahun ini, PRJ Digelar di Monas

53
dok: ahok.org
dok: ahok.org

Jakartakita.com: Tahun ini, pelaksanaan Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan dipusatkan di kawasan Monumen Nasional, Jakarta. Rencananya, pelaksanaan acara rutin tahunan dalam rangka Hari Ulang Tahun Jakarta itu akan dilakukan pada 10-15 Juni 2014.

Meski demikian, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan saat ditemui di Balaikota Jakarta, Kamis (22/5/2014), bahwa pelaksanaan acara yang dilangsungkan di Kemayoran tetap akan dilaksanakan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara tersebut akan dilaksanakan oleh pihak JIExpo, dengan penyebutan Jakarta Fair.

Menurut Ahok, pelaksanaan PRJ di Monas bertujuan agar lebih banyak warga Jakarta yang bisa menikmati perayaan hari ulang tahun kotanya. Dari total 2.600 stan, Pemerintah Provinsi DKI berencana akan memberikan stan gratis kepada 1.000 pengusaha kecil menengah terpilih, sisanya 1.600 akan ditawarkan kepada BUMN. Dengan pemberian stan gratis, lanjutnya, pedagang tidak terbebani harga sewa. Dengan demikian, tidak akan ada kenaikan harga terhadap makanan yang dijual, saat PRJ dan hari biasa. Hal ini dimaksudkan agar warga DKI Jakarta yang uangnya pas-pasan pun bisa ikut berbelanja.

Sebelumnya tahun 2013, acara serupa juga digelar di Monas. PRJ di Monas memiliki nama resmi Pekan Produk Kreatif Daerah. Awal mula pelaksanaan acara di kawasan tersebut berawal dari kekesalan Jokowi dan Basuki terhadap pengelola arena PRJ Kemayoran, yang menurut mereka terlalu tinggi dalam menetapkan harga sewa kios bagi para pedagang. Tak hanya harga sewa kios yang tinggi, tiket masuknya pun nyaris tak terjangkau oleh warga DKI yang berkantong pas-pasan. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: