Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ingin Sperma Anda ‘Tokcer’? Coba Konsumsi Ini

16

healthy-food-docJakartakita.com: Sperma yang sehat merupakan salah satu kunci terjadinya kehamilan. Bahkan jika sel telur yang matang telah tersedia, pembuahan tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya sperma yang sehat yang dapat bergerak lincah melalui leher rahim.

Sel sperma membutuhkan media yang kaya nutrisi agar mereka dapat bertahan hidup, bergerak, dan tetap aktif. Sementara untuk meningkatkan jumlah sperma untuk tetap aktif tersebut, butuh nutrisi penting yang diperolehnya dari asupan makanan sehari-hari.

Berikut adalah sejumlah suplemen alami untuk menjaga fertilitas sperma yang terdapat dalam makanan:

1. Buah dan sayuran berwarna cerah

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Fertility and Sterility melibatkan hampir 200 pria muda yang mengikuti diet variasi buah dan sayuran. Para peneliti menemukan, makanan yang berwarna kuning dan oranye seperti dalam wortel, ubi, melon, dll yang memiliki efek terbaik untuk memperkuat sperma. Efek ini, menurut mereka, adalah hasil dari pigmen yang disebut dengan karotenoid yang diubah tubuh menjadi antioksidan.

Efek tersebut juga dipengaruhi oleh beta-karoten, yang kemudian oleh tubuh diubah menjadi antioksidan vitamin A. Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi membantu menetralkan radikal bebas, kelompok atom yang dapat mudah berikatan dengan sel tubuh sehingga mempercepat penuaannya.
2. Daging ayam

Daging ayam mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh kita salah satunya adalah protein dan zat besi. Protein berguna untuk pertumbuhan sel-sel dan zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah sehingga tidak terjadi anemia. Kedua manfaat tersebut sangat penting untuk menunjang kesuburan sperma.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki sifat dicerna lebih lambat di dalam tubuh, yang membantu meningkatkan ovulasi. kandungan asam lemak Omega-3 dalam kacang-kacangan, asam lemak esensial yang memiliki efek langsung pada peningkatan hormon serta meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, kacang-kacangan banyak mengandung Folid Acid (Asam folat) merupakan nutrisi penting dalam pembentukan DNA dan penciptaan sperma.

4. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks, seperti pada gandum, oatmeal, sorgum, dll dapat membantu meningkatkan kesuburan.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung Omega 3, Omega 3 dapat meningkatkan kualitas.

6. Sayuran berdaun hijau

Selain semua antioksidan yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, sayuran ini juga kaya dengan zat besi. Zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah.

7. Telur

Telur kaya akan vitamin dan nutrisi penting seperti protein dan kolin. Asupan kolin sangat dibutuhkan sebelum dan saat kehamilan karena meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap asam folat.

8. Produk susu dan olahannya.

Perbanyaklah konsumsi produk susu, baik susu itu sendiri, yogurt ataupun keju. Produk susu merupakan sumber protein tinggi yang bisa meningkatkan kesuburan. Jika Anda alergi terhadap susu sapi, bisa digantikan dengan susu kedelai yang sama mengandung protein tinggi.

9. Sayuran dan buah organik

Cobalah untuk mengonsumsi makanan organik. Beberapa penelitian menganjurkan suatu hubungan antara pupuk kimia dan pestisida dengan infertilitas baik laki-laki dan perempuan.

Zat besi memegang peranan penting dalam fertilitas sperma. Maka pastikan makanan dengan kandungan zat besi ada dalam menu harian Anda agar terhindar dari anemia. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: