Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

10 Alat Elektronik yang Bisa Menghemat Uang Anda

104
dok: ecolifetips
dok: ecolifetips

Jakartakita.com: Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat uang. Salah satunya dengan menghemat air dan energi listrik yang kita gunakan di rumah. Mungkin awalnya Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli sejumlah piranti elektronik hemat energi yang biasanya tidak murah ini. Namun selebihnya Anda bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk biaya listrik, air, pulsa telepon atau bahkan menghilangkan sama sekali pos biaya berlangganan TV kabel.

Berikut adalah 10 piranti elektronik rumah tangga yang dapat menghemat pengeluaran bulanan Anda:

  1. Lampu hemat energi. Ganti semua lampu di rumah Anda dengan lampu hemat energi. Memang harganya tidak murah, namun itu semua sebanding dengan biaya tagihan listrik yang lebih murah dan lampu yang tahan lama.
  2. Kulkas. Pilih kulkas hemat energi yang sesuai dengan ukuran/kapasitas yang dibutuhkan.
  3. Mesin cuci. Jika Anda ingin berhemat air dan listrik sekaligus, Anda bisa mempertimbangkan mesin cuci manual. Kalaupun ingin mesin cuci otomatis 1 tabung, pilih kulkas hemat energi yang sesuai dengan ukuran/kapasitas yang dibutuhkan agar tidak boros air dan listrik.
  4. AC. Pilih AC yang memiliki programmable thermostat (pengatur suhu ruangan) yang akan menyesuaikan tingkat kedinginan dengan kapasitas penghuni di ruangan.
  5. Electricity Usage Monitor. Bagi Anda yang berlangganan listrik pra-bayar mungkin bisa mengontrol pemakaian listrik dengan mudah. Namun bagi Anda yang berlangganan pasca bayar, untuk menghindari tagihan listrik yang membludak akibat pemakaian yang tak terkontrol. Anda bisa berinvestasi dengan membeli alat ini.
  6. Water filtration system. Ketimbang membeli air mineral galon, mungkin Anda perlu berinvestasi untuk membeli alat penyaring air hiegienis. Dengan begitu Anda bisa menggunakan air keran di rumah untuk air minum sehari-hari.
  7. Coffee maker. Apakah Anda penyuka kopi? Jika iya, ketimbang mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit hanya untuk menikmati secangkir kopi nikmat di kedai kopi, mungkin Anda perlu berinvestasi membeli sebuah coffee maker yang bisa ditaruh di rumah atau di ruangan kantor Anda.
  8. Smart TV. Era digital semakin memberi kemudahan bagi manusia terutama dalam hal hiburan. Anda bahkan dapat mengakses TV mancanegara melalui streaming internet. Lalu mengapa Anda harus membayar uang lebih untuk berlangganan TV kabel? Anda cukup berinvestasi untuk membeli smart TV yang bisa mengakses TV streaming melalui internet. Jadi Anda hanya cukup berlangganan internet untuk semua kebutuhan informasi, hiburan dan edukatif Anda sekeluarga.
  9. Telepon alternatif. Apakah tagihan pulsa telepon menjadi pengeluaran terbesar Anda. Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli sebuah gadget canggih yang dapat mengakomodasi kebutuhan komunikasi jarak jauh Anda melalui skype yang menggunakan sambungan internet.
  10. Low flow shower head. Kebutuhan air paling besar dalam sehari adalah untuk mandi. Mungkin Anda perlu mempertimbangkan membeli alat pengatur aliran keran shower mandi Anda. Atau mengganti wc Anda dengan flush otomatis.

Nah, tunggu apalagi untuk berinvestasi dengan 10 piranti elektronik di atas? Percayalah, investasi besar untuk piranti tersebut sebanding dengan penghematan yang bisa Anda lakukan. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: