Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Neuropati, Penyakit Orang ‘Kantoran’

28

work in officeJakartakita.com: Apakah Anda pekerja ‘kantoran’ yang sebagian besar waktunya dihabiskan di depan layar komputer untuk mengetik? Jika ya, maka Anda termasuk orang yang beresiko terkena neuropati.

Menurut dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), ketua kelompok studi neurofisiologi dan saraf tepi PERDOSSI Pusat, “Neuropati adalah istilah untuk kerusakan saraf yang dapat disebabkan oleh penyakit, trauma pada saraf, komplikasi dari penyakit sistemik atau karena kekurangan vitamin B Kompleks”.

Trauma pada saraf penyebab neuropati biasanya akibat aktifitas yang dilakukan secara berulang-ulang dalam posisi yang tidak benar. Sama halnya dengan aktifitas mengetik komputer yang biasa dilakukan oleh orang ‘kantoran’. Menurut dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), ketua kelompok studi neurofisiologi dan saraf tepi PERDOSSI Pusat, aktivitas mengetik juga bisa menjadi salah satu penyebab neuropati.

Bila gerakan berulang-ulang ke atas-bawah ketika mengetik di komputer dapat menyebabkan tendon di pergelangan tangan mengalami peradangan. Pada akhirnya dapat menekan saraf di daerah pergelangan tangan. Biasanya seseorang akan mengeluh kesemutan, kebas, dan nyeri yang jika berlangsung lama berisiko gangguan saraf berat.

Oleh karena itu, konsultan neurologis yang akrab dipanggil dr Luthy menganjurkan ketika bekerja di kantor untuk melakukan istirahat sejenak secara periodik selama 1-2 menit demi merenggangkan saraf dan sendi yang terasa kaku. Setelah itu baru bekerja lagi. Hal yang tak kalah penting adalah konsumsi vitamin neurotropik secara teratur untuk pencegahan. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: