Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jangan Remehkan Gangguan Saraf Pada ‘Biker’

22

pengemudi motorJakartakita.com: Apakah Anda ‘biker’ yang lebih sering bepergian dengan mengendarai sepeda motor? Apakah pergelangan tangan Anda sering mengalami kesemutan atau kebas? Jika ya, mungkin Anda mengalami gejala gangguan saraf atau yang biasa disebut neuropati.

Saat mengendarai motor, para ‘biker’ sering melintasi jalan bergelombang sehingga batang kemudi motor kerap mengalami getaran. Jika ini terjadi berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama, akan terjadi iritasi dan pembengkakan pada tendon dan pergelangan tangan hingga menyebabkan saraf medianus pada pergelangan tangan terjepit.

Jika saraf pada pergelangan tangan sampai terjepit, maka bisa terjadi gangguan fungsi, baik yang sifatnya sementara maupun permanen. Dampaknya paling awal ada pada rasa (sensorik). Ketika saraf terjepit, tangan terasa kesemutan dan kebas.  Selain rasa, juga bisa berdampak pada kekuatan (motorik), di mana kekuatan genggaman akan berkurang.

Tidak ada ukuran waktu pasti berapa lama sebuah aktivitas bisa berdampak terhadap munculnya gejala neuropati seperti ini. Yang perlu  diingat, jangan memaksakan tangan terus beraktivitas ketika sudah terasa capai. Begitu terasa capai, aktivitas tangan dan jari-jari itu mesti dihentikan. Itu akan bisa menghindari atau meminimalisir pemicu munculnya gangguan saraf pada pergelangan tangan.

Selain beristirahat yang cukup dengan sementara waktu tidak mengendarai motor. Mengkonsumsi vitamin neurotropik juga dapat mengatasi gejala gangguan saraf neuropati. Jangan anggap remeh gejala kesemutan dan kebas, karena jika tidak segera diatasi bisa berakibat kelumpuhan di masa depan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: