Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Sehat dengan ‘Infused Water’

34
dok: kitchenplatter
dok: kitchenplatter

Jakartakita.com: Air merupakan salah satu kebutuhan penting bagi makhluk hidup.Tanpa air manusia hanya mampu bertahan hidup selama 9-10 hari, sedangkan tanpa makanan manusia dapat bertahan hidup selama 45-65 hari.

Komposisi manusia dewasa sekitar 60-70% tubuhnya terdiri dari air, sementara pada bayi hampir 80% tubuhnya adalah air, sedangkan pada janin kandungan air dalam tubuhnya mencapai 90%. Air dalam tubuh manusia digunakan untuk menjaga dan menyeimbangkan fungsi pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembentukan saliva, transportasi nutrisi, dan pengatur suhu. Kekurangan cairan dalam tubuh akan berakibat fatal dalam tubuh. Untuk itulah manusia dianjurkan untuk banyak minum.

Tentu saja tidak semua minuman baik untuk dikonsumsi. Banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung pemanis, pengawet, zat tambahan yang tidak alami akan berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Belakangan ini infused water menjadi tren gaya hidup sehat. Infused water atau sering disebut dengan spa water adalah air putih yang kemudian dimasukkan berbagai macam buah, sayur atau rempah-rempah segar.

Infused water berguna untuk detoksifikasi, atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan menghambat radikal bebas dari paparan polusi. Selain itu, rasa infused water yang menyegarkan membuatnya tidak membosankan untuk dinikmati kapan saja dan di mana saja.

Jika dilihat dari penampilannya, infused water ini memang sangat menggiurkan. Perpaduan berbagai macam buah yang di masukan kedalam wadah bening kemudian di isi air putih akan terlihat cantik dan menyegarkan. Apalagi tidak ada aturan baku dalam mencampur buah, sayur dan rempah lainnya. Semua sesuai selera.

Walaupun kini sudah banyak yang menjual infused water dalam kemasan, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya sendiri di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan buah/sayur/rempah-rempah yang ingin Anda jadikan bahan dasar.Cuci bersih kemudian potong-potong, kemudian masukkan ke dalam wadah bening berisi air dengan perbandingan 5-10 potong buah per 100ml air.Tutup wadah dan simpan dalam lemari es. Setelah 2 jam, infused water siap untuk dinikmati. Untuk menjaga kesegaran, sebaiknya infused water tidak dikonsumsi setelah 48 jam.

Berikut adalah sejumlah buah, sayuran dan rempah yang bisa dijadikan resep infused waterAnda. Semuanya tergantung dari selera dan khasiat yang Anda inginkan.

Buah: lemon, anggur, jeruk nipis, stroberi, pir, mangga, delima, pisang, kiwi, belimbing, melon, plum, dll

Sayuran: timun, wortel, seledri

Rempah: jahe, kayu manis

Herbal: daun mint, basil, rosemary, lavender.

Infused water sangat cocok digunakan sebagai minuman untuk berbuka puasa. Dijamin kesegaran infused water akan segera menghilangkan dahaga Anda setelah seharian berpuasa. Selamat mencoba! (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: