Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Olahraga Ringan dari Kursi Kantor, Kurangi Resiko Gangguan Saraf

87,613
dok: webmd
dok: webmd

Jakartakita.com: Menurut dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), ketua kelompok studi neurofisiologi dan saraf tepi PERDOSSI Pusat, aktifitas mengetik juga bisa menjadi salah satu penyebab gangguan saraf.

Gerakan berulang-ulang ke atas-bawah ketika mengetik di komputer dapat menyebabkan tendon di pergelangan tangan mengalami peradangan. Pada akhirnya dapat menekan saraf di daerah pergelangan tangan. Biasanya seseorang akan mengeluh kesemutan, kebas, dan nyeri yang jika berlangsung lama berisiko gangguan saraf berat.

Oleh karena itu, konsultan neurologis yang akrab dipanggil dr Luthy menganjurkan ketika bekerja di kantor untuk melakukan istirahat sejenak secara periodik selama 1-2 menit demi merenggangkan saraf dan sendi yang terasa kaku. Setelah itu baru bekerja lagi. Hal yang tak kalah penting adalah konsumsi vitamin neurotropik secara teratur untuk pencegahan.

Berikut adalah olahraga ringan untuk mencegah gangguan saraf yang bisa Anda lakukan tanpa meninggalkan kursi Anda di kantor:

  • Lakukan pemanasan dengan meregangkan jemari Anda, buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki, lanjutkan dengan peregangan otot leher dengan menariknya ke arah dada dengan perlahan.
  • Side Neck Streches, duduk tegak, miringkan leher ke arah pundak secara perlahan, dan tahan selama 10 detik. Lakukan dengan posisi tubuh tegak.
  • Shoulder Shrug, duduk tegak, angkat pundak ke arah atas hingga mendekati telinga, dan tahan selama 3-5 detik, turunkan kembali pundak ke posisi normal, ulangi 3-4 kali.
  • Chair Sit To Stand, berdiri kemudian duduk, dan berdiri lagi, lakukan selama lebih kurang 5 menit lalu istirahat 1 menit dan lakukan sampai 3-5 kali gerakan yang sama.
  • Swimming Exercise, dengan posisi duduk, gerakkan tangan seperti kita melakukan renang dengan gaya dada ataupun gaya punggung, dan lain-lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: