Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Berpuasa Bikin Anda Terhindar dari Gangguan Saraf

34

healthy fastingJakartakita.com: Semua orang memiliki resiko yang sama terkena neuropati, yaitu kondisi untuk kerusakan saraf yang dapat disebabkan oleh penyakit, trauma pada saraf, komplikasi dari penyakit sistemik atau karena kekurangan vitamin B Kompleks. Selain faktor usia lanjut, kekurangan vitamin neurotropik dan trauma pada saraf akibat aktivitas berulang-ulang dalam posisi yang salah, penderita penyakit diabetes sangat rentan mengalami gangguan saraf ini.

Menurut dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), ketua kelompok studi neurofisiologi dan saraf tepi PERDOSSI Pusat, puasa ternyata merupakan momen penting bagi penderita neuropati, untuk menurunkan risiko kerusakan saraf.

Ketika berpuasa, tubuh mendapat kesempatan untuk melakukan detoksifikasi dari pola hidup sehari-hari yang mungkin tidak sehat. Detoksifikasi akan menyebabkan penurunan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak memiliki pasangan, yang kemudian mengambil elektron dari sel sehat sehingga sel tersebut menjadi rusak.Jadi dengan menurunnya radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel, risiko gangguan atau kerusakan saraf juga akan ikut menurun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: