Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tips Berolahraga Saat Puasa

20
doc: dailylife.com.au
doc: dailylife.com.au

Jakartakita.com: Berpuasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. Meski sedang berpuasa, tubuh tetap membutuhkan latihan fisik agar tetap bugar. Namun tentu saja tidak semua jenis olahraga baik dilakukan saat berpuasa. Jangan sampai olahraga justru membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk.

Berikut adalah sejumlah tips berolahraga saat berpuasa:

  • Gizi seimbang saat sahur menjadi perhatian khusus agar Anda tetap bisa berolahraga saat berpuasa. Saat sahur, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna seperti protein hewani, sayur, buah-buahan dan biji-bijian agar Anda tidak cepat merasa lapar. Jauhi makanan yang mengandung kadar gula tinggi pada saat sahur, karena tubuh Anda akan cepat merasa lapar setelah makanan selesai dicerna oleh tubuh. Kalau perlu konsumsi suplemen vitamin B Kompleks (neurotropik) untuk menghindari gejala neuropati berupa; kesemutan, dan kebas.
  • Air putih. Sekitar 80 persen tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, mengkonsumsi air merupakan hal yang paling penting saat makan sahur. Hal ini untuk mencegah dehidrasi saat Anda menahan lapar dan haus selama hampir 14jam .
  • Olahraga ringan di pagi hari. Jika Anda melakukan olahraga pagi sebaiknya pilih yang ringan, seperti; jogging, bersepeda, bulu tangkis, dll. Agar tidak memicu terjadinya dehidrasi dan kelelahan yang berlebihan saat siang hari yang akhirnya bisa berakibat mengurangi efektivitas kerja.
  • Olahraga yang lebih berat di sore hari. Alasannya, bila olahraga tersebut menimbulkan kehilangan cairan yang berlebihan tentunya akan lebih mudah tercukupi saat waktu berbuka. Selain itu kelelahan yang terjadi akibat menjalani latihan berat tersebut tidak akan mengganggu  kinerja Anda dalam bekerja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: