Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Macet Saat Mudik? Enjoy Aja!

36
dok: bokunosekai
dok: bokunosekai

Jakartakita.com: Rasanya macet saat musim mudik lebaran bukan lagi hal yang aneh. Maklum, mudik sudah menjadi ritual tahunan masyarakat Indonesia menyambut lebaran. Makanya tak mengherankan bila jalanan ibukota terlihat lengang saat musim lebaran dan jalanan penghubung luar kota menjadi padat karena dipenuhi para pemudik. Mau tidak mau, para pemudik harus dihadapkan pada kemacetan luar biasa khas musim mudik.

Berkendara di tengah kemacetan parah khas mudik memang membosankan. Namun, Anda bisa loh, mengubah rasa bosan menjadi hal yang menyenangkan.

Berikut adalah sejumlah tips agar tetap ‘happy’ menghadapi macet saat mudik:

  • Putar musik favorit atau murottal Al Quran. Daripada pusing mendengarkan suara klakson yang bersahut-sahutan di tengah-tengah kemacetan panjang, lebih baik menenangkan pikiran dengan mendengarkan musik, kalau perlu sambil menyanyi riang mengikuti syair lagu tersebut. Atau dengarkan saja lantunan ayat suci Al Quran, hati tenang sekaligus mendapatkan pahala.
  • Membaca. Siapakan setumpuk majalah/buku/komik yang bisa Anda baca sepanjang perjalanan mudik untuk mengusir bosan dan penat saat macet.
  • Browsing. Pastikan gadget Anda terisi pulsa dan baterei agar Anda bisa browsing dan melakukan aktivitas lainnya dengan internet. Atau malah sekedar update status. Jangan lupa siapkan juga power bank yang terisi penuh untuk men-charge gadget Anda.
  • Games. Anda bisa mengisi waktu saat macet dengan bermain games di gadget Anda atau malah sekedar bermain tebak-tebakan dengan anggota keluarga lainnya.
  • Menulis. Saat macet paling enak melamun. Melamun bukan sembarang melamun, tetapi menangkap inspirasi yang muncul begitu saja untuk dituliskan. Biar macet tetap produktif, siapa tahu beberapa tulisan tercipta saat macet.
  • Mengobrol dan bercanda. Daripada energi habis untuk merutuki nasib karena macet. Lebih baik mengobrol dan bercanda ria dengan teman/anggota keluarga seperjalanan mudik. Jika Anda mudik dengan kendaraan umum, tidak ada salahnya memulai obrolan dengan teman di sebelah Anda. Siapa tahu bisa membuka jaringan pertemanan baru, atau malah berjodoh dengan Anda yang saat ini sedang menjomblo.
  • Istirahat. Kalau Anda sudah capek, lebih baik beristirahat sekedar untuk tidur atau meregangkan otot di sejumlah rest area dan posko mudik yang tersebar di sepanjang jalur mudik. Kalau perlu konsumsi neurobion tablet putih untuk mengatasi kesemutan dan kebas akibat terlalu lama mengemudi.
  • Wisata kuliner. Capek duduk di dalam mobil yang sedang terjebak kemacetan panjang? Coba pasang mata baik-baik, dimana ada rumah makan yang enak dijadikan istirahat sekalian wisata kuliner. Kalau misalkan kemacetan parah dan waktu berbuka atau sahur sebentar lagi, lebih baik fokus untuk mencari tempat makan terlebih dahulu. Wisata kuliner bisa menghilangkan rasa bosan dan capek Anda saat terjebak macet.

Macet saat mudik? Enjoy aja! Toh semua rasa penat akan terbayar lunas saat Anda bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: