Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia Trik Mengelola Keuangan Pasca Lebaran

31
Menghitung Anggaran
dok: yellowpages australia

Jakartakita.com: Tak terasa, lebaran sudah berlalu hampir dua minggu. Namun, ingatan tentang suka cita lebaran masih terekam jelas. Ah, rasanya baru kemarin memulai puasa Ramadan. Rasanya baru kemarin terima THR, sibuk berburu baju lebaran dan kue, mempersiapkan angpau, dan heboh mempersiapkan mudik.

Kini semuanya telah usai. Bahkan banyak di antara Anda yang sudah tidak memiliki persediaan kue khas lebaran. Semua kembali seperti sediakala.

Tiba-tiba Anda tersadar bahwa kondisi keuangan Anda pasca lebaran, menipis drastis. Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa hari raya lebaran telah membuat beban keuangan Anda bertambah berkali lipat. Uang THR dan gaji tiba-tiba terkuras untuk membeli baju baru, hidangan khas lebaran, angpau, hingga biaya mudik.

Lalu apa yang mesti dilakukan untuk menyelamatkan kondisi keuangan Anda pasca lebaran? Berikut adalah trik mengelola keuangan pasca lebaran:

  1. Checklist daftar pengeluaran. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam rangka penghematan adalah, mengecek ulang daftar pengeluaran Anda. Jadi Anda tahu mana yang masih penting dan harus dipertahankan, mana yang harus dikurangi atau dihapus sama sekali.
  2. Batasi pengeluaran harian. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan dalam membatasi biaya yang dikeluarkan dalam sehari. Pertama dari biaya makan. Apabila biasanya kita selalu makan siang di kantor dan senang membeli segelas kopi atau camilan di café/minimarket. Cobalah untuk membawa makan siang sendiri dari rumah dan bawalah buah-buahan sebagai ganti cemilan. Atau cobalah menghindari penggunaan taksi kalau tidak sedang terdesak.
  3. Menjatah ulang biaya harian. Isi dompet Anda dengan uang secukupnya sesuai dengan jatah harian Anda dan sedikit uang cadangan. Tinggalkan kartu ATM/kredit Anda di rumah. Dengan begitu Anda tidak tergoda untuk menggesek kartu Anda demi memenuhi keinginan Anda yang tidak masuk prioritas kebutuhan.
  4. Puasa ‘hang out’. Untuk sementara waktu, ada baiknya Anda tidak pergi ke pusat perbelanjaan untuk menghindari pengeluaran yang tidak penting sampai kondisi keuangan Anda membaik. Jadwal menonton film di bioskop bisa diganti dengan menyewa DVD untuk ditonton bersama. Hindari makan di restoran apalagi di dalam mall.
  5. Semangat bekerja. Setelah musim liburan usai, kini saatnya Anda kembali bersemangat bekerja mencari uang. Kalau perlu carilah kesempatan mencari penghasilan tambahan yang halal untuk menutupi kondisi keuangan Anda yang menipis pasca lebaran. Jika Anda bekerja di depan komputer, usahakan untuk beristirahat secara periodik saat mengetik agar Anda terhindar dari gejala neuropati; kesemutan dan kebas. Kalau perlu, konsumsi vitamin neurotropik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B1, B6 dan B12 serta menjaga kesehatan saraf Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: