Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia Olahraga Ringan untuk Atasi CTS

95
dok: webmd
dok: healthwise -incorporated

Jakartakita.com: Apakah Anda mulai merasakan nyeri pada bagian pergelangan tangan maupun juga jari tangan, terutama pada bagian ibu jari, telunjuk dan jari tengah?

Jangan-jangan Anda terkena Carpal Tunnel Syndrome (CTS). CTS disebabkan oleh kebiasaan penggunaan tangan yang berlebihan dalam posisi yang tidak benar, seperti; mengetik, menggendong anak, memegang mouse, dan lain-lain. Kebiasaan ini akan menyebabkan terganggunya saraf medianus karena tekanan yang terjadi pada bagian pergelangan tangan hal ini menimbulkan rasa sakit, nyeri dan melemahnya otot otot pada bagian pergelangan tangan.

Bila CTS dianggap remeh, bukan tak mungkin dalam jangka panjang CTS mengakibatkan tangan tidak dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya bahkan mungkin tidak dapat digerakkan sama sekali. Resiko terkena CTS adalah kurang lebih 10% untuk orang dewasa. Wanita bahkan mempunyai resiko 3 kali lipat lebih banyak untuk terkena CTS dibandingkan dengan pria.

Latihan peregangan pergelangan tangan bermanfaat untuk melepaskan ketegangan dan mengurangi rasa sakit pada CTS. Peregangan juga dapat meningkatkan aliran darah ke derah tersebut dan efektif untuk mencegah CTS berkembang menjadi lebih parah.

Berikut adalah gerakan olahraga ringan yang dapat mengurangi resiko CTS seperti dilansir dari Webmd:

  1. Prayer stretch. Satukan kedua telapak tangan Anda-seperti bertepuk di depan jantung Anda , kemudian angkat siku Anda , jaga kedua telapak tangan Anda jangan sampai renggang /terpisah. Tahan selama 10 detik.
  2. latihan penguatan isometrik dengan meremas bola tenis. Genggam bola tenis dengan pergelangan tangan lurus, lalu remas selama lima detik.
  3. Latihan Penguatan Progresif. Memperkuat pergelangan tangan menggunakan ‘resistance band’ / pita karet elastis memang lebih sulit dari latihan isometrik. Latihan resistance band ini tidak boleh menimbulkan nyeri, jika nyeri timbul saat Anda melakukan latihan ini, segera hentikan dan konsultasikan dengan fisioterapis Anda.

Jangan lupa konsumsi vitamin neurotropik untuk membantu proses penyembuhan CTS Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: