Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ratusan Pengunjung Ramaikan Pameran Produk Kampoeng BNI di Den Haag

21

Photo13_Pengunjung dari Organisasi Wanita Expat di Belanda Memperhatikan Rancangan Tenun Sumba Denny Wirawan

Jakartakita.com – Ratusan warga lokal dan diaspora dari Belanda dan negara-negara sekitar hadir meramaikan Pameran Produk Kampoeng BNI yang dihelat oleh PT. Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag Belanda. Kegiatan ini sebagai bagian dari rangkaian perhelatan The Pride of the Indonesian Heritage untuk menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-69 tahun di kantor KBRI Den Haag.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Tresuri dan IF BNI, Suwoko Singoastro mengatakan, “The Pride of the Indonesian Heritage kami helat bersama KBRI Den Haag Belanda sebagai upaya strategis mempromosikan dan memasarkan produk binaan Kampoeng BNI di luar negeri, khususnya di pasar Eropa.”

Menurutnya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk senantiasa berupaya untuk mempermudah akses pelaku usaha yang tergabung dalam Kampoeng BNI ke pasar internasional.

“Dengan dihelatnya acara ini serta diluncurkannya situs resmi pemasaran produk internasional  www.kampoengbniglobal.com, diharapkan para Mitra Binaan BNI mendapatkan kesempatan dan kemudahan dalam menawarkan produk-produk unggulan mereka dengan cukup mengakses portal tersebut,” imbuhnya.

Pameran Produk Kampoeng BNI yang dihelat di aula kantor KBRI yang beralamat di Tobias Asserlaan 8, 2517 KC Den Haag, Belanda hingga Jumat, (22/8) lalu tersebut, menampilkan fashion display koleksi dari Denny Wirawan dan Tuty Cholid, beragam produk mitra binaan Kampoeng BNI seperti kerajinan kain tenun dan batik, seni pahat kayu dan logam untuk dekorasi rumah, resort/hotel dan perkantoran, perhiasan perak dan kreasi seni modern serta produk kerajinan kulit untuk fashion dan gaya hidup.

Pengunjung yang terlihat begitu antusias menyaksikan pameran ini juga berinteraksi langsung dengan para mitra binaan Kampoeng BNI serta desainer Indonesia Denny Wirawan dan Tuty Cholid. Kedua perancang busana ini memamerkan rancangan-rancangan busana Tenun Sumba, Batik dan Kain Jumputan yang begitu memesona, apik dan mencuri perhatian publik. Masyarakat yang hadir berkesempatan untuk merasakan detil, melihat langsung dan berinteraksi mereka.

Sebagai informasi, Kampoeng BNI merupakan salah satu bagian dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), di BNI disebut Corporate Community Responsibility (CCR), yang bertujuan memberdayakan ekonomi masyarakat melalui penyaluran kredit lunak dengan sistem klaster yang dilakukan di beberapa daerah.

Tujuan pembentukan Kampoeng BNI adalah untuk mengembangkan potensi ekonomi masyarakat di suatu kawasan pedesaan melalui pinjaman lunak program kemitraan maupun bantuan bina lingkungan untuk menunjang aktivitas ekonomi lokal di daerah tersebut. Pada saat ini konsep Kampoeng BNI dibangun atas prinsip Community Development, dimana satu klaster mengangkat produk potensial berdasarkan kearifan lokal setempat.

Beberapa Kampoeng BNI (KBNI) yang telah dibuka antara lain KBNI Peternakan Sapi Subang, KBNI Budidaya Jagung Ciamis, KBNI Tenun Songket Ogan Ilir, KBNI Nelayan Lamongan, KBNI Jagung Solok, KBNI Seni Kamasan Klungkung, KBNI Pengolahan Hasil Laut Muara Angke, KBNI Bandeng Karawang, KBNI Karebosi Makassar, KBNI Tenun Pandai Sikek, KBNI Tenun Silungkang, KBNI Tapis Lampung, KBNI Pisang Lumajang, KBNI Kain Sutera Sengkang Wajo, KBNI Mebel Sumedang, KBNI Pemberdayaan Perempuan Bogor, KBNI Ikan Nila Ponorogo,  KBNI Wisata Borobudur,  dan KBNI Tenun Ikat Sumba Waingapu.

Terdapat empat Kampoeng BNI yang paling baru diresmikan, yaitu Kampoeng BNI Batik Tulis Wiradesa, Kabupaten Pekalongan; Kampoeng BNI Batik Tulis Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah; Kampoeng BNI Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta; dan Kampoeng BNI Kain Sasirangan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kesemuanya menyentuh dan mengembangkan potensi budaya dan kearifan lokal.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: