Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia ‘Nursing Room’ di Sejumlah Mal Jakarta

174
dok: Avie Maryati
dok: Avie Maryati

Jakartakita.com – ASI merupakan nutrisi utama dan terbaik bagi bayi. Air Susu Ibu mencakup hampir 200 unsur zat makanan yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi. ASI ekslusif diberikan selama 6 bulan pertama sejak bayi dilahirkan, tanpa diberi tambahan makanan atau minuman apapun. Pentingnya pemberian ASI Ekslusif karena bisa menekan angka kematian pada bayi. Menyusui bayi secara eksklusif dan diteruskan hingga 12 bulan mampu mencegah 13% kematian anak. Mengingat begitu pentingnya ASI bagi perkembangan bayi di masa kritis pertumbuhan otak, sistem imunitas dan saluran pencernaan, ketersediaan ruang laktasi publik sangat diperlukan untuk memudahkan Ibu menyusui bayinya.

Keberadaan ruang khusus menyusui dan perah ASI di area publik sangat penting dan dibutuhkan kaum ibu. Tak hanya mewujudkan program pemberian ASI eksklusif, ketersediaan ruang menyusui publik juga menjamin bayi memperoleh hak menyusui dan ibu mendapatkan jaminan menyusui. Dengan demikian, turut membantu menurunkan angka kematian bayi.

Dahulu, para ibu menyusui agak kesulitan kalau harus bepergian membawa bayi mereka bepergian ke area publik. Karena fasilitas ruang menyusui atau nursing room atau mother room masih sangat jarang. Baru sejak pemerintah sudah menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 33 tahun 2012 tentang pentingnya fasilitas nursing room di area publik untuk mendukung komitmen Ibu dalam memberikan ASI Eksklusif hingga enam bulan. keberadaan nursing room mulai ‘menjamur’ di area publik terutama pusat perbelanjaan. Berikut ini beberapa mal di jakarta yang memiliki ruang khusus menyusui :

1. Mal Kota Kasablanka.
Salah satu mal di Jakarta yang memiliki fasilitas nursing room yang besar dan sangat nyaman adalah Mal Kota Kasablanka.Interior ruangan nursing room yang terletak di lantai LG ini, didominasi oleh warna hijau yang menyegarkan mata. Sejumlah boneka lucu dipajang di rak atas, hingga menambah suasana homey dan cozy buat para ibu dan bayi yang berkunjung.

Ada lima private room yang bisa digunakan para ibu menyusui. Tak hanya ruang privat, nursing room ini juga memiliki area tempat ganti popok lengkap dengan kasur untuk bayi yang bersih dan nyaman, lengkap dengan wastafel di sampingnya.Ruangan bersih dan harum.

2. Pasific Place
Mal yang terletak di kawasan Niaga SCBD ini juga menyediakan ruangan menyusui. Yaitu letaknya di lantai 3, persis di samping outlet Batik Keris.

Interior ruangan dihiasi oleh wallpaper bergambar Winnie The Pooh dan Tiger. Nursing room ini juga memiliki sejumlah private rooms yang ditutup korden. Setiap kamar ada sofa empuk untuk menyusui, wastafel, cermin, tempat mengganti popok. Ruangannya pun bersih dan haru,.
3. Fx Mall Sudirman
Nursing room yang dilengkapi dengan ruang ganti popok terletak di lantai 5 sebelah Mom n Jo.Setiap private room ditutup korden, di dalamnya ada satu sofa, meja kecil, ada terminal listriknya (untuk pompa ASI), tidak begitu luas namun tersedia wastafel.

4. Mall Gandaria City
Setiap lantai memiliki ruangan nursing room dengan private rooms bersekat korden. Di dalamnya terdapat sofa merah empuk, tempat mengganti popok dan wastafel. Ruangannya dibersihkan tiRuangan menyusui di mall ini juga dibagi per privasi yang ditutup dengan gorden. Di dalamnya ada sofa merah nan empuk. Juga ada wastafel untuk membersihkan bayi saat mengganti popok. Ruangan ini dibersihkan tiga kali dalam sehari, jadi bisa dipastikan ruangan selalu bersih dan harum.

5. Pondok Indah Mall

Pondok Indah Mall 1. Bersih, lengkap dengan wastafel, sabun cair, tissue dan tempat sampah, Dispenser, AC, Baby tafel, 1 set kursi, meja, namun sayangnya tidak ada bilik khusus untuk menyusui, Lokasi: Lantai 2 (Dibelakang Wendy’s), Di belakang Red Bean

Pondok Indah Mall 2. Ada 2 nursing room ber-AC, kursi sofa utk 1 orang, ganjalan kaki, tutupan pintu, diluar juga ada kursi tunggu panjang, changing table luas, kaca besar, ada toilet u/ anak kecil (jd kloset mungil) dan wastafel. Lokasi: Lantai 2, dekat Mushola, Lt LG (lower ground), dekat Galeri ATM, Lt 1 depan Gerai Guess. Lokasi : NutritionForLife (NFL) Kalbe Nutritional PIM 2 Lt.2 (dpn Toko Buku Kharisma) 3 kursi tertutup gorden untuk menyusui (private rooms) , wastafel, baby taffel , dispenser air.

6. Mall Senayan City
Untuk ukuran mall besar, nursing room yang terletak di lantai 3 (dekat mothercare) dan 4 (sebelah kiddy cuts) ini terbilang cukup sempit. Tidak ada private rooms namun ada 2 kursi goyang,baby taffel, wastafel, dispenser, lemari kecil, di dekatnya ada toilet anak.
7. Mall Pejaten Village
Di mall ini nursing roomnya bernama mother room, berada di lantai 2, dekat rest room. Konsep yang diusung adalah rumah. Di dalamnya ada 10 private rooms, 6 ruang besar lengkap dengan wastafel, cermin, baby taffel, sofa menyusui, dan 4 ruangan lebih kecil.

Ada juga ruang tamu yang dilengkapi dengan sofa panjang untuk para suami yang menunggui istrinya. Dan ada toilet khusus untuk ibu dan balita.
8. Grand Indonesia.
Nursing rooms ada di setiap lantai, dekat kamar mandi. Kapasitas untuk dua orang (ibu-bayi).

9. Central Park
Ruang menyusui & ruang ganti popok di lantai 2, yang kebetulan disponsori oleh Pigeon. Namun tidak ada sekat antara ruang menyusui & ganti popok, hanya ada 2 kursi. Tersedia wastafel

10. Mall Taman Anggrek
Ruang menyusui & ruang ganti popok ada di setiap lantai, ukurannya pun kecil. Tidak ada sekat antara ruang menyusui & ganti popok, hanya ada kursi panjang. Tersedia wastafel.

11. Mal Kelapa Gading

Kelapa Gading Mal 1, 1 kursi panjang, baby tafel, wastafel, tmpt tisu gulung, kaca rias . Lokasi berada di dekat Diamond, Lantai dasar (belakang popeyes di depan pizza hut )

Kelapa Gading Mal 3, changing table, Kursi pake alas tangan, washtafel. Lokasi berada Lt 3 (food court), Lt 1 (mother care, belakang elle apparel), Lt 2 (belakang nyla boutique), Lt. Dasar (dekat ATM BCA)

Semua ruangan menyusui dan ganti popok di atas ber-AC. Sehingga jangan khawatir panas. Semuanya dijamin nyaman untuk ibu dan bayi saat menyusui.

2 Comments
  1. Catherine says

    Lebih baik gak usah melabelkan ruangan ini dengan nama ‘nursing room’ karena para ayah yang juga merupakan orang tua dari si bayi dilarang masuk untuk merawat anknya sendiri. Lebih baik ganti nama ruangannya dengan ‘lactation room’ yang mana memang hanya ibu yang bisa menyusui!! Dan mendingan ga usah ada fasilitas untuk merawat bayi sekalian, karena toh juga ga bisa digunakan secara maksimal

    1. Ika says

      Nursing arri khususnya kan menyusui mbak..

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: