Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

BBM Naik? Hemat 7 Pos Pengeluaran Ini!

31

Tips KeuanganJakartakita.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa kenaikan harga BBM akan memicu kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok. Kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok sudah pasti membuat Anda pusing. Pasalnya, kenaikan harga barang tidak selalu dibarengi dengan kenaikan gaji. Kalau Anda belum menemukan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang halal namun tidak mengganggu pekerjaan tetap Anda, maka satu-satunya cara adalah menghemat pengeluaran bulanan Anda.

Menghemat pengeluaran bulanan bukanlah perkara mudah. Sulit rasanya mempertimbangkan pos pengeluaran mana yang harus dikurangi namun tidak mengubah hidup Anda secara drastis. Berikut adalah 7 pos pengeluaran yang bisa dihemat:

  1. Makanan. Coba kurangi kebiasaan makan di luar dengan rajin memasak makanan rumahan. Kurangi snack, soft drink, makanan siap saji dari daftar belanja bulanan Anda.
  2. Transportasi. Jika Anda terbiasa berkendara sendiri ke kantor, Anda bisa mengajak kenalan Anda yang searah untuk menebeng mobil Anda untuk mengurangi biaya bensin dan tol yang biasanya harus Anda bayar sendiri. Atau sesekali Anda bisa mencoba moda transportasi umum sebagai transportasi saat ‘ngantor’.
  3. Hiburan. Kurangi jadwal rekreasi Anda. Anda tidak perlu rekreasi setiap seminggu sekali bukan? Atau Anda bisa mengganti tujuan rekreasi mingguan Anda dengan hanya berjalan kaki di taman kota atau pusat rekreasi lainnya yang murah meriah. Jika Anda bekerja seminggu penuh dan Anda sering tidak punya banyak waktu untuk menonton TV saat akhir pekan, mungkin Anda perlu mempertimbangkan menghentikan langganan TV kabel Anda. Anda juga tidak perlu banyak berlangganan majalah.
  4. Olahraga. Ingin tetap bugar, tidak usah latah ikutan nge-gym di tempat mahal. Apalagi jika semangat Anda untuk olahraga masih ‘kembang-kempis’. Anda bisa memanfaatkan komplek atau taman sekitar rumah Anda sebagai sarana Anda jogging.
  5. Fashion. Tidak akan ada habisnya kalau Anda mengikuti tren fashion yang sedang berkembang. Setiap saat pasti ada model terbaru dari baju, tas, sepatu maupun aksesoris. Cobalah membeli barang fashion klasik dan berkualitas agar tetap chic dipakai kapanpun dan tidak tertinggal mode. Jadi Anda tidak perlu setiap bulan membeli baju, sepatu, tas atau aksesoris baru.
  6. Peralatan elektronik. Salah satu cara memangkas pos pengeluaran adalah dengan menghemat energi listrik yang Anda gunakan di rumah. Mungkin awalnya Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli sejumlah piranti elektronik hemat energi yang biasanya tidak murah ini. Biasakan juga untuk segera mematikan lampu, AC/kipas angin, TV, dan lain-lain saat sedang tidak digunakan. Jangan biarkan kabel charger terus tercolok, walau tidak sedang digunakan.
  7. Telekomunikasi. Apakah tagihan pulsa telepon menjadi pengeluaran terbesar Anda. Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli sebuah gadget canggih yang dapat mengakomodasi kebutuhan komunikasi jarak jauh Anda melalui skype yang menggunakan sambungan internet.Anda juga bisa memangkas biaya SMS/telpon dengan menggunakan fasilitas chatting melalui smartphone Anda.

Jika Anda sudah mencoba untuk mengurangi 7 pos pengeluaran di atas namun penghasilan Anda masih terasa ‘cekak’. Mungkin Anda harus mulai mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau mulai mencari pekerjaan baru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: