Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Bangun Infrastruktur, Pemerintah Perlu Gandeng Swasta

46

IMG00230-20141125-1344

Jakartakita.com – Ketersediaan infrastruktur yang memadai menjadi syarat mutlak dalam mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu dibutuhkan peran pemerintah dalam hal kemudahan regulasi/kebijakan untuk mengakomodir terwujudnya infrastruktur yang mampu menjangkau hingga setiap jengkal wilayah di Tanah Air. Demikian diungkapkan Utama Kajo, Ketua KADIN Bidang Tata Ruang dan Pendayagunaan Lahan, dalam sebuah acara dialog tata ruang yang diselenggarakan Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta, Selasa (25/11).

“Infrastruktur menjadi syarat mutlak untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah berusaha melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur yang tidak lagi terpusat di pulau Jawa,” katanya.

Dijelaskannya, pemerintah tidak bisa berjalan sendirian dalam membangun infrastruktur. Dibutuhkan kerjasama dengan swasta dalam pembangunan infrastruktur. “Pemerintah perlu menggandeng swasta dalam membangun infrastruktur,” ujarnya.

Ia menilai, pengalaman selama ini banyak pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah tidak berjalan dengan baik karena tidak memiliki sense of business.

“Swasta lebih tahu apakah sebuah proyek ini akan menguntungkan atau tidak. Kalau tidak menguntungkan, kan lebih baik tidak dijalankan atau setidaknya dicarikan daerah lain yang lebih visible untuk bisnis kedepannya,” tandas Kajo.

Endang Supraptini, Sekretaris Direktorat Jendral Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian mengakui pentingnya ketersediaan infrastruktur sebagai pendukung utama pertumbuhan ekonomi. Namun demikian, kata dia, pemerintah memiliki kendala, antara lain ketersediaan dana.

“Untungnya pemerintahan Jokowi-Jk saat ini akan fokus membenahi infrastruktur. Salah satunya dengan menggunakan dana dari hasil pengalihan subsidi BBM,” tandasnya.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: