Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ternyata…

22

Heriawanto HirawanSebuah tulisan dari Heriawanto Hirawan, seorang bankir bank swasta:

Suatu pagi di akhir bulan November 2014, perut gembul gue sudah berkeroncong ria. Gue khawatir, suara orkestra keroncong di perut gue kedengeran sampe kemana-mana. Yes, gue kelaparan! Di otak gue cuma terpikir, bagaimana caranya biar lapar yang timbul karena belum sarapan ini harus segera dihajar.

Sepanjang perjalanan commuter line lintas Depok-Sudirman sudah terbayang-bayang lezatnya semangkok bubur hangat dengan 2 tusuk sate usus. Begitu turun dari kereta di st. Dukuh Atas, langsung aja gue bergegas menuju Pasar Blora, tempat tukang bubur mangkal.

“Bubur satu ya, ga pake kacang!” pesen gue kepada tukang bubur yang gue gak tau juga udah naik haji atau belom. Gak penting juga sih.

Begitu semangkok bubur terhidang di atas meja, segera gue ‘hajar bleh’ karena laparnya. Pokoknya gue kalap sekalap-kalapnya, kayak orang Ethiopia yang belom makan berhari-hari.

Di tengah nikmatnya makan bubur, tiba-tiba duduk di depan gue sepasang manusia. Si laki-laki, mungkin usianya 40thn, berkacamata, rambut tersisir rapi dan berkumis. Sementara si perempuan, rambut panjang sebahu tergerai, kulit putih dan cantik.

“Mamah mau pesen apa?”

“Bubur aja pah, ga pake kacang ya”

Aduh romantisnya pasangan suami-istri ini, kata gue dalam hati sambil menyantap bubur yang gak lama lagi bakalan ludes, semangkok-mangkoknya oleh gue yang kelaparan.Biar gue laper dan konsen abis sama bubur di mangkok gue, gue tetep pasang kuping. Soalnya serius gue gak tau gimana mesti copot dua kuping gue biar gak usah dengerin omongan orang yang bikin rusak konsentrasi gue dalam menyantap bubur.

“Pah, cuti Mamah udah di approve nih. Jadi kan kita ke lombok?” Si perempuan manja.

“Jadi dong mah, tapi tunggu cuti papah di approve dulu ya”, si laki-laki dengan mesranya. Widih… bikin gue yang dikutuk jomblo jadi iri setengah mati. Tapi sumpah gue seneng banget kalo liat pasangan suami istri semesra itu.

“Asik, jadi jalan-jalan deh kita” Mata si perempuan berbinar-binar sambil gelendotan. Gue yang lagi khusyuk makan jadi makin gak konsen.

“Iya dong mah, kan rencananya udah lama. Tiketnya jg udh dibayar”

“Tapi Mamah Bingung nih, Nanti bilangnya apa ya ke SUAMI aku?”

Kontan gue keselek waktu denger kata-kata si perempuan. Gue kebingungan cari gelas minum yang sebetulnya ada di depan gue. Gue keselek bubur ayam pedes yang bikin tenggorokan gue sumpah deh gak keruan rasanya.Tapi gue berusaha menguasai keadaan, dengan segera bersikap jaim.Gue gak pengen, pasangan itu ngerasa ketangkep basah sama gue yang gak sengaja nguping.

Tapi kayaknya si laki-laki tau. Si laki-laki diam, sambil ngelirik ke sekitar dan pandangannya berhenti di gue yg udah dengan mulut nganga kaget denger ucapan ‘istri’nya alias selingkuhannya.

Lalu dengan muka merah, malu-malu si laki-laki itu seakan ngasih kode ke perempuan di sebelahnya “Ngebahasnya Nanti aja, malu didenger orang”.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: