Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Resep Okonomiyaki, Kudapan Khas Jepang

40

Okonomiyaki Ala Ratna NatyaJakartakita.com – Bagi Anda penggemar makanan Jepang pasti tahu yang namanya Okonomiyaki. Kudapan khas Jepang yang menyerupai dadar berbahan dasar telur, tepung terigu, dan kol ini aslinya digoreng diatas penggorengan datar yang disebut dengan teppan. Namun, Anda bisa juga menggorengnya di atas wajan teflon biasa dengan hasil yang tidak kalah nikmatnya dengan yang asli.

Kudapan sehat ini ternyata memiliki dua versi sesuai dengan asal daerahnya di Jepang. versi Kansai, irisan kol dicampur dengan adonan seperti sewaktu membuat fuyunghai. Sedangkan versi Hiroshima (Hiroshimayaki), irisan kol hanya diletakkan di atas adonan yang dibulatkan seperti membuat pancake.

Ingin menjajal membuat Okonomiyaki sendiri di rumah? Berikut resep praktis Okonomiyaki ala Ratna Natya’s Kitchen. Siapkan bahan-bahannya ya, Ladies!

Bahan :
100 gr kol putih iris halus
200gr wortel serut
6 pcs sosis iris
150 gr tepung terigu
7 btr telur ayam
100-200ml air kaldu
1/2sdt baking powder
Garam
Gula
2 sdm Kecap asin
1 sdt jahe parut (optional)

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu dan baking powder,tambahkan telur kocok.
2. Masukkan air aduk rata/tidak bergerindil, masukkan air sedikit demi sedikit sampai mendapatkan tekstur adonan yang licin dan kental.
3. Masukkan bahan lainnya, termasuk gula dan garam. Pastikan rasa asin nya pas.
4. Tuang diatas baking pan yg sudah dioles dg sedikit margarin/minyak. Seperti membuat pancake. Balik adonan untuk mematangkan adonan bagian atas.
5. Angkat ketika sudah berwarna kecoklatan dan teksturnya padat.
6. Hias okonomiyaki Anda dengan mayonaise dan saus.

Selamat mencoba!

Ratna Natya’s Kitchen

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: