Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jakarta Night Festival Sisakan Gunungan Sampah

68
dok: Jakarta
dok: Jakarta

Jakartakita.com – Jakarta Night Festival yang diselenggarakan semalam untuk merayakan malam pergantian tahun baru telah usai. Tak hanya menyisakan cerita, pesta akhir tahun rakyat Jakarta yang didukung Pemprov DKI ini juga menyisakan sampah yang menggunung. Para pasukan dari dinas kebersihan Jakarta sudah bekerja keras membersihkan gunungan sampah sejak pukul 02.00 WIB.

Kepala Dinas Kebersihan Saptasari Ediningtyas mengatakan, untuk lokasi utama Jakarta Night Festival (JNF), Jalan MH Thamrin dan Kawasan Monumen Nasional (Monas) jumlah sampah mencapai 35 ton. Beberapa titik keramaian di lima wilayah DKI Jakarta seperti di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ancol, Taman Fathahillah-Kota Tua, Taman Margasatwa Ragunan dan beberapa kawasan lainnya menghasilkan 50 ton sampah. Jadi total ada 85 ton sampah dari seluruh wilayah Jakarta.

Menurut Tyas, terjadi penurunan volume sampah jika dibandingkan tahun sebelumnya. Sebab sampah untuk lokasi JNF tahun 2014 mencapai 150 ton. Sedangkan untuk lokasi lainnya mencapai 430 ton. Sehingga total keseluruhannya 580 ton.

Berkurangnya gunungan sampah saat pesta akhir tahun ini, didukung oleh 25 petugas dinas kebersihan yang berjaga di sepanjang rute JNF untuk mensosialisasikan adanyanya Perda No. 3 Tahun 2013 Pasal 130 Ayat (1b) mengenai aturan denda Rp 500 ribu bagi warga yang membuang sampah sembarangan.

Tak hanya itu, dinas kebersihan DKI Jakarta juga mengerahkan 21 unit street sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, 11 unit truk sampah, 22 unit gerobak motor, enam unit pick up lintas, 14 unit toilet berjalan, lima unit truk tangki air bersih, dan dua unit truk tangki air kotor di sekitar lokasi JNF.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: