Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Inilah Kota dengan Perayaan Tahun Baru Terheboh di Dunia

55
dok: newyearevequote
dok: newyearevequote

Jakartakita.com – Tahun baru masehi yang jatuh setiap tanggal 1 Januari, identik dengan perayaan spekatakuler.Makanya tak mengherankan bila di banyak kota besar di dunia berlomba-lomba menyelenggarakan pesta megah untuk menyambut pergantian tahun.

Pesta perayaan tahun baru ini bukan tanpa tujuan. Beberapa kota memang sengaja untuk menyelenggarakan pesta megah saat pergantian tahun untuk menarik wisatawan berkunjung. Tentu saja modal besar yang dikeluarkan oleh pemerintah kota dan para sponsor untuk sebuah perayaan akbar akan kembali dengan banyaknya wisatawan asing dan domestik yang ikut berpesta.

Ingin tahu, kota besar mana sajakah di dunia yang selalu menggelar pesta megah saat pergantian tahun? Inilah 7 kota besar dengan perayaan tahun baru termegah di dunia:

1. New York, Amerika Serikat.
Cikal bakal perayaan megah saat tahun baru di kota New York, berawal sejak tahun 1904. Saat itu kawasan bisnis New York Times Square baru saja dibuka. Maka warga kota bersuka cita menyambut berdirinya kawasan tersebut menjelang awal tahun. Hingga saat ini, New York Times masih menjadi salah satu ikon perayaan tahun baru termegah di dunia.

Biasanya pada tanggal 31 Desember, kawasan New York Times Square sudah dipadati pengunjung. Tepat pada saat matahari terbenam, sebuah bola raksasa yang bercahaya dan dikenal dengan New Year’s Eve Ball ditarik ke atas tiang One Times Square dengan ketinggian sekitar 23,5 meter. Selanjutnya, bola ini diturunkan tepat 60 detik sebelum pergantian tahun. Tepat saat pukul 12 teng, malam pergantian tahun kembang api ikut berpesta menerangi langit Manhattan. Dan tentu saja pengunjung kawasan ini dihibur oleh pertunjukan musik live sepanjang acara.

2. Rio De Janeiro, Brazil
Dari tahun ke tahun, perayaan tahun baru yang dipusatkan di Pantai Copacabana di selatan kota Rio De Janeiro dikenal sebagai pesta tahun baru terheboh. Lebih dari dua juta pengunjung, baik wisatawan asing dan domestik berkumpul untuk berpesta di pantai ini, menari suka-suka sampai pagi diiringi oleh musik Samba, menonton pertunjukan musik, pesta kembang api, sambil menikmati bir dan wine.

Memusatkan pesta di Pantai Copacabana bukan tanpa alasan. Barzil yang kental dengan budaya klenik begitu menghormati dewa laut. Menurut mereka berpesta saat tahun baru di pantai adalah sebagai salah satu penghormatan untuk sang Dewi.

Warna hitam menjadi warna terlarang bagi para pengunjung yang ingin berpesta. Karena menurut kepercayaan Brazil, warna hitam pertanda buruk.

3. Sydney, Australia
Ingin melihat pertunjukan kembang api termegah saat tahun baru? Datanglah ke Sydney Harbour, Australia. Pesta kembang api dengan budget yang fantastis ini melibatkan 6 kapal di sekitar jembatan Sydney Harbour, total ada 30.000 efek kembang api yang terus menyala selama 12 menit. Bahkan cahaya dari kapal-kapal tersebut bisa dilihat dari teluk.

Sepanjang hari, traveler tidak akan kecewa dengan semua acara yang digelar di Sydney. Setiap satu jam, meriam ditembakan dari Fort Denison dan ada permainan cahaya. Setelah penampilan kembang api, malam akan diterangi dengan cahaya dari Harbour of Light Parade.

4. London, Inggris
Pesta tahun baru dipusatkan di sekitar Sungai Thames. Saat itu perhatian bergeser ke London Eye, sebuah kincir angin raksasa yang menarik ribuan pengunjung.

Sejak tahun 2005, saat tengah malam kembang api diluncurkan dari London Eye. Wisatawan dari seluruh dunia berkumpul di Tower, Westminster, Jembatan London dan Jembatan Blackfriars untuk menyaksikan perayaan Tahun Baru paling meriah ini.

Jika tidak dapat tempat, Anda bisa menonton pergantian tahun dari layar besar yang terdapat di Alun-alun Trafalgar dan Alun-alun Parliament. Saat sore hari, Anda bisa ikut dalam parade akhir tahun. Rute parade ini berawal dari Westminster, melewati pusat ibukota dan berakhir di Green Park.

5. Paris, Perancis
Merayakan tahun baru di Paris tak lengkap jika tidak mengunjungi Champs Elysees. Pada malam pergantian tahun baru, menara Eiffel semarak oleh cahaya kembang api.

Tak hanya Champs Elysees, kawasan Pigalle, distrik lampu merah dan Moulin Rouge juga menjadi tujuan wisata tahun baru. Jangan lewatkan makan malam romantis di atas gondola yang melintasi sungai Seine sambil menikmati pancaran kembang api yang menari-nari di langit Paris saat malam hari.

6. Air Terjun Niagara, Kanada
Perayaan Tahun Baru di Air Terjun Niagara merupakan perayaan yang unik. Di sekitar air terjun ini akan dibuat panggung yang mempertunjukkan musik dan pertunjukan kembang api sejak jam 9 malam. Kemudian yang paling spesial adalah lampu-lampu yang membuat air terjun niagara menjadi berwarna-warni cantik di tengah kegelapan malam dan gemerlap kembang api.

7. Tokyo, Jepang

Perayaan tahun baru di Tokyo berlangsung selama seminggu, dimulai dari 29 Desember hingga 4 Januari. Perayaan ini dimulai seperti biasa dengan festival kembang api di malam pergantian tahun, kemudian rangkaian festival tradisional setelahnya.

Perayaan malam tahun baru di Jepang dipusatkan di Shibuya. Biasanya dari Shibuya, warga kota Tokyo yang bercampur baur dengan wisatawan berjalan kaki atau naik kereta dari Shibuya menuju kuil Meiji Jingu. Di kuil inilah pesta tahun baru khas Tokyo berlangsung.

Saat pagi hari di tahun yang baru, masyarakat Jepang akan merayakan dengan memakan Mi Tahun Baru (Mi SOba), yang menyimbolkan panjang umur dan hidup yang sehat, sambil mendengarkan lonceng didentangkan di kuil-kuil di penjuru Jepang sebanyak 108 kali, yang menyimbolkan kesejahteraan di tahun yang baru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: