Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Menjaga Kualitas Produk Jadi Kunci Sukses Memenangi Persaingan Di Pasar Filter Air

29

HYDRO 6000

Jakartakita.com – Upaya mendapatkan air bersih menjadi salah satu masalah tersendiri bagi sebagian besar masyarakat di kota-kota besar khususnya di Ibukota Jakarta. Tingginya aktifitas produksi masyarakat menyebabkan meningkatnya pencemaran air dari waktu ke waktu.

Kondisi tersebut, mendorong pelaku usaha menciptakan solusi yang mampu menciptakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat, baik untuk lingkungan rumah tangga, perkantoran, industri, maupun kegiatan lainnya. Tapi di satu sisi, tidak semua air sesuai dengan standar kesehatan. Terutama di kota-kota besar.

“Permasalahan air ini lah, yang menurut kami menjadi peluang usaha pembuatan dan penjualan produk filter air dengan merek HYDRO,” kata Business Development HYDRO, Budi Suswanto, melalui jawaban surel, Jumat (9/1).

Dijelaskan, sejak pertama kali diluncurkan ke pasaran pada tahun 1999, respon masyarakat cukup tinggi. Seiring perjalanan waktu, produk hydro berkembang sesuai permintaan pasar. Saat ini, produk filter air HYDRO juga tersedia untuk kebutuhan rumah tangga, untuk komersial dan industri, reverse osmosis untuk rumah tangga, reverse osmosis untuk industri, mesin AMDK (Air Minum Dalam Kemasan), sterilisasi ultraviolet, dan depot air minum.

“Kami membidik segmen masyarakat menengah keatas/keluarga yang sangat memperhatikan kesehatan. Selain itu juga, kalangan perkantoran, dan industriyang memiliki masalah dengan air, atau ingin kualitas airnya lebih baik, sesuai dengan standar kesehatan. Sampai saat ini, untuk produk lokal asli buatan dalam negeri, posisi filter air HYDRO masih menjadi nomor 1 di Indonesia,” jelasnya.

Untuk jalur distribusi, lanjut Budi, produk filter HYDRO langsung didistribusikan ke seluruh cabang, dan agen di seluruh wilayah di Indonesia.

Adapun penjualan langsung ke konsumen juga dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan beberapa modern market, antara lain Mitra 10, Dunia Bangunan, Radja Bangunan, Sinar Abadi Home Center dan disebagian Carrefour.

“Di masing-masing modern market tersebut kami tempatkan 1-2 orang penjaga stand, yang akan menjelaskan tentang produk filter HYDRO. Selain itu, kami juga memberikan edukasi kepada penjaga stand di modern maket tersebut (para karyawan modern market), tentang produk Hydro. Hingga bila ada calon konsumen yang bertanya, mereka bisa juga menjawabnya,” urainya.

Diakuinya, saat ini produk filter air HYDRO merupakan market leader dipasaran. Untuk terus meningkatkan brand awareness dan komunikasi merek, menurut Budi, pihaknya memanfaatkan digital media seperti website (www.hydro.co.id,  social media (facebook, twitter, blog) dan edukasi tentang masalah air dengan konsumen secara langsung.  “Selain itu, kami juga beriklan di beberapa media,” jelasnya.

Soal harga, lanjut Budi, menjadi bagian dari strategi perusahaan. Karena HYDRO dibuat dari bahan berkualitas baik, yang telah memenuhi standar alat penjernih air.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk isi penjernih di impor dari Jepang, di cek kualitas airnya secara berkala dan telah memenuhi sertifikasi Halal MUI. Harga untuk skala rumah tangga, tentu saja berbeda untuk kalangan industri. Untuk rumah tangga, ada 3 tipe yang dijual (HYDRO 2000, HYDRO 4000, DAN HYDRO 6000) dengan harga berkisar antara Rp 5.950.000 – Rp 13.350.000. Sedangkan untuk industri, harga dijual Rp 37 juta – Rp 200 juta.

“Memang kalau untuk perusahaan tidak ready stock, filter baru dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” ujarnya.

Saat ini, perusahaan juga telah memiliki sertifikat ISO 9001 : 2004 yang membuktikan jaminan mutu internasional untuk manajemen produk HYDRO.

Ditambahkan, sebagai kunci sukses untuk memenangi persaingan, dikatakan Budi, memiliki sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan berkualitas, dalam hal pembuatan, dan penjualan produk HYDRO menjadi salah satu kiatnya.

“Selain itu juga, produk yang kami hasilkan dipilih dari bahan-bahan yang berkualitas. Tidak heran produk yang kami hasilkan juga berkualitas. Hal tersebut membuat kami optimis bisa memenangi persaingan dalam penjualan produk filter air,” tandasnya.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: