Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Komet Lovejoy Bisa Dilihat dengan Mata ‘Telanjang’ Malam Ini

51
dok: skyandatelescope
dok: skyandatelescope

Jakartakita.com – Bagi Anda peminat benda-benda langit. Jangan lewatkan kesempatan sekali seumur hidup menyaksikan Komet C/2014 Q2 Lovejoy melintasi langit Tanah Air di bulan Januari 2015 ini.

Menurut Wikipedia, komet Lovejoy ini ditemukan pertama kali oleh Terry Lovejoy, astronom amatir di Australia. Komet ini memiliki masa periodik 900 tahun. Tanggal 15 Desember 2011 komet ini melintas sangat dekat dari matahari, hanya 145.000 kilometer atau sepersepuluh dari diamaternya. Hingga komet ini dianggap sebagai komet terbesar dan paling terang yang pernah dilihat oleh astronom dalam waktu 40 tahun.

Seperti banyak komet lainnya, Lovejoy berasal dari Awan Oort, gudang komet di tepian Tata Surya. Adanya gangguan di tata surya membuat komet-komet keluar masuk tata surya. Penampakan komet Lovejoy bisa dikatakan sebagai fenomena sekali seumur hidup karena hanya terjadi satu kali dalam kurun waktu ribuan tahun. Setelah penampakan tahun ini, Lovejoy baru akan tampak 8.000 tahun kemudian.

Berdasarkan penelitian Observatorium Bosscha, Lembang Bandung. Malam ini (11/1/2015), komet Lovejoy akan tampak dengan magnitudo 6 yang berarti komet ini dapat dilihat dengan mata telanjang di seluruh Indonesia. Komet Lovejoy akan tampak sepanjang malam dengan pancaran warna hijau.

Nah, pastikan Anda menjadi saksi munculnya komet Lovejoy malam ini! Namun jika malam ini, Anda gagal melihat wujud komet Lovejoy, Anda masih bisa melihatnya lima malam berikutnya namun dengan alat bantu binokuler.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: