Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Pekerjaan Ini Akan Segera Lenyap di Masa Depan

48

Teknologi Mengambil Alih Pekerjaan ManusiaJakartakita.com – Teknologi bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi, kemajuan teknologi dapat memudahkan kehidupan manusia. Di lain sisi, kemajuan teknologi cepat atau lambat akan segera mengambil alih pekerjaan yang selama ini dilakukan oleh manusia.

Bukan tak mungkin, suatu hari nanti pekerjaan-pekerjaan yang kini menjadi mata pencaharian manusia akan digantikan oleh para robot dan komputer dengan alasan kepraktisan dan lebih murah. Ini berarti, kita harus bersiap-siap meningkatkan ketrampilan dan keahlian kalau tidak ingin sumber ‘periuk nasi’ kita diambil alih oleh mesin.

Berikut adalah 8 pekerjaan yang akan hilang di masa depan:

1. Teller
Tak perlu menunggu masa depan. Kini hampir 85 persen pekerjaan teller sudah bisa digantikan oleh mesin ATM. Bisa dipastikan suatu hari nanti, bank-bank akan meniadakan profesi para teller dan menggantikan dengan mesin komputer yang terkoneksi oleh internet. Saat itu tentu saja keamanan digital banking menjadi perhatian khusus.

2. Penjaga perpustakaan.
Teknologi pencarian super canggih, Google dan kawan-kawannya, enjadi sumber paling terpercaya buat memenuhi rasa penasaran setiap orang, pustakawan umum milik bersama. Saat ini, Anda tak perlu susah-susah lagi ke perpustakaan untuk mencari tahu sesuatu dan sibuk mengendalikan diri supaya tidak ribut. Semuanya bisa dilakukan di mana saja bahkan dari rumah Anda.

Sebab itu profesi penjaga perpustakaan sepertinya harus dikembangkan. Walaupun media virtual dan sistem pencarian lewat internet, masih ada orang-orang yang suka membaca buku langsung dan menghargai bantuan pencarian langsung.

3. Kasir
Suatu hari nanti, para pembeli di supermarket tidak perlu berhadapan dengan kasir untuk membayar barang belanjaannya. Para pembeli bisa memindai barangnya sendiri, kemudian setelah total harga belanjaan muncul di layar komouter kasir mereka tinggal menggesek kartu di mesin EDC. Semua dilakukan sendiri tanpa bantuan manusia, dan tentu saja pembeli tidak bisa seenaknya pergi tanpa membayar barang belanjaan, kamera CCTV yang terpasang dimana-mana akan mengawasi.

Di tahun 2014 sendiri, mesin pemindai otomatis ini sudah ada sekitar 430.000 unit di seluruh dunia. Jumlahnya meningkat hampir empat kalinya dari tahun 2008. Bukan tidak mungkin beberapa tahun kedepan pihak toko swalayan lebih suka berinvestasi dengan alat canggih untuk kasir.

4. Copywriter
Diprediksi setelah tahun 2020 profesi copywriter dapat digantikan oleh program komputer modern yang terhubung ke database yang berbeda dengan bahan tekstual (manifesto, karya ilmiah, fiksi, dll), mampu menghasilkan artikel dalam genre tertentu.

5. Operator call center
Sekarang pun sejumlah perusahaan telah mengembangkan teknologi komunikator yang memungkinkan para pelanggan menyampaikan komplain langsung ke mesin penjawab telepon yang sudah diprogram sedemikian rupa hingga menyerupai operator call centre. Jadi untuk kasus komplain atau layanan pelanggan umum, pelanggan cukup berkomunikasi dengan mesin penjawab telepon baru untuk kasus tertentu bisa berbicara langsung dengan operator ‘sungguhan’. Hal ini dilakukan perusahaan untuk memangkas biaya SDM untuk operator yang tidak sedikit. Bukan tidak mungkin sebentar lagi semua operator call centre adalah robot.

6. Pengantar Koran
Sayang sekali saat ini, orang tak perlu lagi menunggu koran. Tinggal klik kolom pencarian di internet, semua informasi dan berita yang dibutuhkan lansung bisa di akses. Dengan perkembangan teknologi, seperti pekerjaan ini akan segera berakhir. Sebab saat ini berita di internet bisa menyediakan pengetahuan global yang lebih luas.

7. Buruh
Upah buruh yang kian lama kian mahal, membuat sebagian besar pengusaha mencari alternatif sumber daya manusia.Beberapa perusahaan besar mulai menggeser pekerjaan buruh dengan mesin-mesin canggih. Investasi awal mungkin sangat mahal namun tidak seberapa bila dibandingkan dengan membayar banyak buruh.

8. Petugas ticketing
Tenaga mereka akan digantikan scanner otomatis yang akan mengidentifikasi informasi apapun, mulai dari tiket teater tiket pesawat. Scanner ini akan dipasang di pintu masuk stasiun kereta api, bandara, bioskop, kompleks olahraga dan tempat-tempat lain.

Salah satu pekerjaan yang tak akan pernah lenyap di masa depan adalah mereka yang bergerak di industri kreatif. Hayo, lebih kreatif agar sumber penghidupan Anda tidak digeser oleh robot.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: