Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Mason Jar, Toples Kaca Unik yang Jadi Tren

67
dok: thehometouches
dok: thehometouches

Jakartakita.com – Toples kaca yang terkesan ‘jadul’ dan sederhana kini menjadi tren di tengah gaya hidup kaum urban. Tidak hanya digunakan sebagai tempat kue kering. Toples kaca ternyata juga ‘keren’ dialih-fungsikan menjadi wadah lain.

Toples yang sedang tren itu bernama mason jar atau toples Mason. Bentuk toples ini seperti kaleng, tapi terbuat dari kaca yang tebal. Warnanya pun beragam, mulai dari biru, kuning, hijau dan bening.

Pada 1858, John Landis Mason yang adalah seorang tukang besi, memiliki ide membuat tutup segel untuk toples kaca yang diproduksi oleh sebuah perusahaan penyulingan milik Nicolas Francois Appert di Perancis. Mason mendapatkan hak paten untuk kombinasi tutup segel dan toples kaca tersebut, namun tutup segel yang dibuat oleh Mason meninggalkan bau logam pada makanan yang ada di dalam toples tersebut sehingga ia gagal mendapatkan keuntungan. Nah hinga saat ini toples kaca kecil disebut ‘mason jar’ walaupun mereknya bukan ‘mason’.

Berikut adalah sejumlah kegunaan toples kaca yang sedang tren:

  • Bumbu dapur. Toples kaca bening bisa dijadikan tempat menyimpan bumbu. Selain memudahkan Anda mencari bumbu masak karena terlihat. Kitchen set Anda juga akan terlihat rapih, dan terkesan cantik. Aksen warna-warni bumbu dalam toples kaca bisa menjadi unsur dekoratif dalam rak dapur Anda. Anda juga bisa menggunakan toples kaca untuk menyimpan kopi, teh, gula, dan tepung.
  • Tempat lilin. Lilin dekoratif kini banyak yang menggunakan toples kaca mungil. Aksen warna-warni lilin akan mempercantik rak atau meja di ruangan Anda. Apalagi jika lilin tersebut menyebarkan harum aromaterapi.
  • Cake in jar. Kalau dahulu hanya kue kering yang bisa dimasukkan ke dalam toples kaca. Kini cake cantik dengan krimnya pun bisa dimasukkan ke dalamnya. Tampilannya yang menggoda membuat ‘cake in jar’ begitu populer.
  • Gelas minuman. Kini toples kaca kecil lazim digunakan sebagai gelas cantik. Warna jus buah yang berwarna-warni lebih terlihat menggoda kalau ditaruh dalam toples kaca. Apalagi kalau Anda penyuka minuman ‘infused water’.
  • Vas bunga. Tak punya vas cantik untuk koleksi bunga Anda? Anda bisa memanfaatkan koleksi toples kaca Anda. Anda bisa memasukkan media tanam air, kerikil warna-warni atau jel warna-warni untuk mempercantik tampilan.
  • Salad. Anda juga bisa memasukkan racikan salad Anda yang warna-warni ke dalam toples kaca. Toples kaca berisi salad yang tertutup rapat akan menjaga kesegaran salad Anda. Anda bisa menyimpannya di kulkas sebelum dihidangkan.

Dan masih banyak lagi kegunaan toples kaca jika Anda kreatif. Tampilan stoples ini pun dihias dengan ornamen-ornamen lain seperti pita, kertas / kain bermotif dan tali-temali supaya tidak terlihat polos.

Nah, bagi Anda yang masih menyimpan toples kaca ‘jadul’ mungkin bisa mengeluarkan kembali koleksinya untuk dijadikan wadah serbaguna yang sedang tren. Bagi Anda yang belum punya, tak ada salahnya untuk mulai mengkoleksinya. Siapa tahu bisa menjadi ide bisnis Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: