Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Resep Kue Apem Betawi

633
dok: uduk12
dok: uduk12

Jakartakita.com – Kue apem gula merah, adalah salah satu kuliner Betawi. Walaupun penganan ini sudah akrab dengan masyarakat Betawi sejak zaman dahul. Ternyata kue apem bukanlah kue asli Betawi. Ini membuktikan bahwa budaya Betawi terbentuk dari akulturasi beragam budaya.

Kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan santan ini bisa dijumpai di banyak daerah di Indonesia dan Asia Tenggara. Namun, sebenarnya kue apem ini berasal dari daerah Kerala dan Tamil Nadu di India Selatan. Menurut beberapa bukti sejarah ternyata penganan ini sudah dikenal sejak abad pertama Masehi di daerah Tamil.

Catatan mengenai kue apem atau “appam” dalam bahasa Tamil ini dapat ditemukan dalam literatur Tamil Sangam. Apem di India juga terbuat dari tepung beras dan santan, namun beberapa variasi menggunakan susu sapi sebagai pengganti santan. Bentuk dan rasa dari kue apem di negara aslinya praktis sama dengan yang ada di Indonesia ataupun negara-negara di Asia Tenggara lainnya. Di India kue apem biasa disantap dengan kari ayam atau ikan atau menggunakan saus bumbu pedas yang mirip seperti sambal.

Sedangkan di tanah Betawi, kue apem berwarna cokelat karena terbuat dari gula merah. Biasanya disajikan dengan parutan kelapa. Tertarik ingin membuat kue apem Betawi? Ini dia resepnya.

Bahan:

275 ml air kelapa
200 gr gula merah, iris halus
½ sdt garam
2 lbr daun pandan, simpulkan
225 gr tepung beras
250 ml santan dari ½ butir kelapa
100 gr tepung terigu
6 gr ragi instan

Cara membuat:

  1. Didihkan air kelapa, masukkan gula merah, garam, dan daun pandan. Angkat, saring, dan dinginkan.
  2. Tuang rebusan air kelapa ke dalam tepung beras, aduk dengan tangan hingga tercampur rata, dinginkan.
  3. Masukkan santan, tepung terigu, ragi instan, bumbu spekuk, dan baking powder, uleni sambil diaduk-aduk selama 15 menit.
  4. Diamkan adonan selama 40 menit atau hingga adonan mengembang.
  5. Siapkan loyang cetakan, olesi minyak goreng. Panaskan cetakan dalam kukusan selama 5 menit.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan, lalu kukus selama 30 menit atau hingga kue matang.
  7. Potong sesuai selera, hidangkan dengan taburan parutan kelapa

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: